Jumat, 29 Maret 2024

Arus Balik di Pelabuhan Domestik Sekupang masih Ramai

Berita Terkait

Arus mudik penumpang pasca lebaran sudah mulai memadati pelabuhan Domestk Sekupang.
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pasca puncak arus balik, Rabu (20/6) ratusan pemudik masih terus berdatangan di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) hingga saat ini.

Penambahan armada kapal yang dilakukan di daerah asal nyatanya belum bisa mengakomodir seluruh pemudok yang hendak balik ke Batam.

“Mereka yang tidak kebagian tiket kemarin, memutuskan kembali ke Batam hari ini (kemarin, red),” Ketua Bidang Penumpang, DPC Insa Batam, Asmadi, Kamis (21/6).

Ia menyebutkan, jumlah penumpang yang kembali ke Batam menurutnya naik hingga 30 persen. Mereka yang mudik banyak membawa saudara mereka ke Batam dengan berbagai alasan.

“Jadi meskipun sudah ektra kapal, ternyata masih ada pemudik yang ingin diangkut ke Batam,” sebutnya.

Ia memperkirakan arus balik masih akan terjadi hingga akhir minggu ini. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak puncak arus mudik kemarin yang hampir mencapai enam ribu penumpang.

“Mungkin sekitar tiga ribuan lah yang akan masuk hari ini,” ucap Asmadi.

Sementara itu, Humas KPLP Batam, Erik Mario menyebutkan pucak arus balik kemarin sedikitnya 5.041 orang tiba di Batam dan 2.926 berangkat meninggalkan Batam.

Ia memperkirakan arus balik masih terus terjadi hingga H plus tujuh pasca lebaran. Berdasarkan data manifes dari beberapa pelabuhan yang ada di Batam total yang berangkat mencapai 187.743 orang dan yang turun 143.207 orang dengan total pelayaran mencapai 2.419 kapal.

“Itu akumulasi dari H min 15 hingga H plus empat kemarin,” jelasnya.

Sementara itu pantauan Batam Pos di PDS sejumlah penumpang terlihat menunggu waktu keberangkatan di ruang tunggu. Bila dibandingkan dengah hari sebelumnya jumlah penumpang lebih sepi. Sedangkan di pintu kedatangan ratusan warga tiba di Batam. Mereka merupakan penumpang asal Dumai dan Buton dan pulau terdekat lainnya.(yui)

Update