Jumat, 19 April 2024

Pak Wali Sebut Pelebaran Jalan Sesuai Jadwal

Berita Terkait

batampos.co.id – Hari pertama masuk usai cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriah, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad bersama Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Batam Jefridin langsung meninjau kelanjutan pembangunan jalan di Kota Batam, Kamis (21/6).

Dalam kesempatan tersebut, ia memboyong berbagai pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk ikut serta meninjau jalan. Tiga lokasi yang ditinjau Wako yakni pelebaran jalan Simpang KDA, Kecamatan Batam Kota. Selanjutnya rombongan meninjau lokasi pelebaran jalan di Simpang Kara Batamcentre atau tepatnya di depan kawasan Camo Industri. Dilanjutkan melihat proses pelebaran jalan di Simpang Frengki-Simpang BNI.

¡°Saya sengaja mengajak seluruh pimpinan OPD agar mereka tau. Kalau saya dan Pak Wawa selalu mutar untuk melihat apa yang kurang dan yang perlu ditambah. Termasuk jalan ini harus dibuka,¡± ujarnya.

Ia mengatakan, kini pelebaran jalan yang dilakukan Pemko Batam berjalan sesuai dengan rencana. “”Progressnya lebih dari bagus, artinya pekerjaan sesuai dengan jadwal,” ucap dia.

Setiap jalan akan dilebarkan setiap lajurnya akan dilebarkan menjadi tiga hingga empat lajur. Dengan memanfaatkan semua lahan yang miliki pemerintah. Ia memastikan, pelebaran jalan tidak mengganggu Penetapan Lokasi (PL) bangunan yang ada di sekitar pelebaran jalan.

“Ada Sembilan titik yang dilebarkan tahun 2018 ditamnbah dua titik jadi totalnya ada sebelas titik,¡± sebutnya.

Titik-titik pelebaran jalan, dua di antaranya dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Yaitu ruas Simpang Frengki-Simpang BNI Sei Panas dan Simpang BNI Sei Panas-Underpass Pelita.

Sedangkan sembilan lainnya dilebarkan oleh Pemerintah Kota Batam. Yakni Planet Hoilday Hotel-Simpang The Hills Hotel, Underpass Pelita-Telkom-Irinco, Apartemen Harmoni-Simpang Baloi, Simpang Jam-Simpang BNI, Simpang Kuda-Bengkong Seken, Masjid Raya-Simpang Kabil, KDA-Bundaran Kantor Camat Batam Kota, Indomobil-Simpang Baloi, dan Simpang Baloi-Kampung Nelayan.

Beberapa ruas merupakan proyek lanjutan tahun lalu. Proyek pelebaran yang termasuk baru yaitu Jalan Laksamana Bintan, antara Simpang Kuda Sei Panas dengan Bengkong Seken. Alat berat sudah masuk di kawasan ini dan pelebaran akan segera dimulai.

“Nanti Simpang Kuda itu diratakan habis. Lengan jalan dibuka lagi. Dibuat lampu merah di situ, jadi bisa langsung belok dari Sei Panas ke Underpass Pelita,” kata dia. (iza)

Update