Rabu, 24 April 2024

Pasien Rawat Jalan Membludak di RSUD Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelayanan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji sudah kembali normal. Poli klinik rawat jalan yang sebelumnya tutup karena liburan Lebaran sudah kembali buka sejak, Kamis (21/6).

Pantauan Batam Pos, siang kemarin, sebanyak 21 poli klinik rawat jalan yang ada di rumah sakit bertipe B+ beroperasi normal seperti biasa. Puluhan pasien terlihat ramai antre giliran di masing-masing poli. Poli yang paling banyak didatangi pasien terhitung ada tiga poli yakni poli kulit, medical cek up dan poli anak. Jumlah pasien di tiga poli itu masing-masing diatas 20 pasien.

Sementara data dari loket pendaftaran manual hingga, pukul 12.00 WIB, terhitung lebih dari 100 pasien yang antre di berbagai poli klinik yang ada. “Untungnya yang daftar online dua hari kedepan baru bisa berobat. Kalau serentak semua hari ini bisa repot kami,” ujar petugas di loket pendaftaran.

Jumlah pasien yang berobat di hari pertama masuk kerja ini diakui petugas di sana meningkat drastis. Itu karena masyarakat sengaja tahan jadwal berobat mereka sebab sepekan belakang ini poli klinik rawat jalan tutup karena libur. “Ada juga semacam penyakit musimam. Apalagi anak-anak. Ya selama lebaran kebanyakan makan atau minuman kaleng jadi mancret, diare dan lain sebagainya makanya jadi banyak yang berobat hari ini,” ujar petugas medis di poli klinik anak.

Direktur RSUD Ani Dewiyana, mengakui membludaknya pasien di hari pertama buka itu. Namun demikian tegas Ani tidak ada masalah yang ditemui sebab seluruh petugas medis disana sudah masuk kerja semua.

“Kami sudah prediksi itu. Makanya petugas semua masuk. Tadi saya sudah cek langsung hanya satu petugas di bagian apotik yang tidak masuk karena sakit,” ujar Ani. (eja)

Update