Jumat, 19 April 2024

Volume Sampah Naik 20 Persen

Berita Terkait

Truk sampah melintasi Jalan Coastal Area, Kamis (21/6).F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Selama Ramadan 1439 H lalu, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan Karimun mencatat kenaikan volume sampah sebesar 20 persen yang diangkut ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA) di Sememal. Pada hari biasa, truk hanya mengangkut antara 85 sampai 90 ton sampah rumah tangga per hari. Tetapi sepanjang Ramadan lalu, sampah yang diangkut sampai 110 ton per hari.

”Alhamdulillah, petugas kita nonstop selama Ramadan maupun Hari Raya Idul Fitri 1439 H mengangkut kontainer sampah yang ada di beberapa titik di pusat Kota Tanjungbalai Karimun ke TPA Sememal,” kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan Karimun Rosmawati, Kamis (21/6).

Dikatakan, jenis sampah yang banyak diangkut menjelang hari raya Idul Fitri sebagian besar sampah pembuatan kue seperti cangkang telur, plastik tepung dan sebagainya yang berasal dari rumah tangga. Dalam satu hari bisa mengangkut sampah 110 ton, dengan mengoperasikan 12 kendaraan yang mengangkut 25 unit kontainer sampah.

”Kita terjunkan petugas kebersihan satu hari dua kali untuk pengangkutan sampah ke TPA. Termasuk hari pertama Idul Fitri, petugas secara bergantian menyisir kontainer sampah, yang penuh langsung diangkut,” ungkapnya.

Ros mengatakan, Lebaran lalu para petugas kebersihan tetap bekerja secara bergantian, dengan mulai beroperasi dari pukul 04.00 WIB. Petugas yang nonmuslim menggantikan petugas muslim yang melaksanakan ibadah salat Id dan berlebaran bersama keluarga. Kemudian baru bertugas kembali secara bergantian.

”Walaupun Lebaran Kota Tanjungbalai Karimun dan sekitarnya bebas sampah. Tapi tetap saya imbau kepada warga agar tetap membuang sampah pada tempatnya,” pesannya.(tri)

Update