Kamis, 25 April 2024

Tahap II Rp 88 Miliar Dana Desa Disalurkan

Berita Terkait

Sardison. Foto: Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Pemerintah Provinsi Kepri berada diurutan kedua se-Indonesia dalam hal penyaluran dana desa tahap II Tahun 2018. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD-Dukcapil) Sardison mengatakan penyaluran dana desa di Kepri sudah 100 persen.

“Penyaluran dana desa tahap I dan II sudah mencapai sasaran. Kita berharap hasil akhirnya nanti sesuai dengan rencana kerja yang sudah disusun,” ujar Sardison, Jumat (22/6) di Tanjungpinang.

Mantan Kepala Biro Pembangunan Kepri tersebut menjelaskan, pagu dana desa Kepri tahun 2018 sebesar Rp 221,36 miliar. Pada tahap II sudah disalurkan sebesar Rp 88,54 miliar. Dijelaskannya kran Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2018 sudah dibuka pada Februari lalu. Salah satu syarat mutlak untuk mendapatkan pencairan dana desa adalah APBDES.

Sardison menyatakan, kenapa APBDES harus menyesuaikan dengan APBD, yakni untuk menghindari terjadi kegiatan ganda. Percepatan penyaluran dana desa tergantung pada bupati, karena berkaitan dengan Peraturan Bupati (Perbub) yang merupakan petunjuk teknis penggunaan dana desa.

Ditambahkannya, pencairan dana desa 2018 dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah 20 persen dari alokasi dana desa sebesar Rp 221 miliar. Kemudian tahap kedua sebesar 40 persen, begitu juga dengan tahap ketiga. Menurut Sardison, peran dana desa sangat strategis dalam percepatan pembangunan daerah.

“Kita sangat mendorong program padat karya tunai, supaya anggaran desa yang ada berputar di desa. Sehingga bisa menggerakan sektor perekonomian di setiap desa,” tutup Sardison. (jpg)

Update