Jumat, 29 Maret 2024

Toloooong…. Tambang Pasir di Tepian Dam Tembesi Mengarah ke Jalan

Berita Terkait

Penambang pasir ilegal memuat pasir kedalam lori di dekat Dam Tembesi, Sagulung. Biarpun sudah dirazia oleh Ditpam masih saja penambang liar ini beroperasi mengambil pasir. | Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Tambang Pasir Ilegal di kawasan dam tembesi masih terus semakin menggila. Setelah membuat kubangan besar di sekitar dam, penambang pasir mulai mengarah ke sekitar jalan raya. Jaraknya hanya sekitar 300 meter dari jalan raya.

“Tambang pasir itu sudah sampai ke sini. Dari sini kelihatan tuh,” kata Anton, seorang warga Cipta Asri Tembesi, Jumat (22/6).

Memang dari jalan Trans Barelang, tambang pasir ilegal di daerah tangkapan air ini sudah semakin parah. Suara mesin dompeng sangat jelas terdengar dari jalan raya. Bahkan dari jalan raya terlihat aktifitas penambang pasir.

Kubangan besar bekas penggalian tambang pasir juga banyak terlihat dari jalan Trans Barelang. Jika masuk ke dalam, puluhan truk pengangkut pasir dan alat berat masih tetap beroperasi di sana.

Wardi, seorang warga yang berkebun di sekitar dam tersebut mengatakan tambang pasir ilegal tersebut beroperasi setiap hari. Bahkan hari minggu. Setelah selesai mengeruk pasir di sekitar bibir dam, maka pelan-pelan penambang mundur ke arah jalan raya trans Barelang.

“Mulai jam 07.00, truk pengangkut pasir sudah masuk ke lokasi. Setiap hari kok mereka bekerja di sini,’ katanya.

Sementara itu, anggota komisi III Jefri Simanjuntak mengaku BP Batam dan Pemko seakan mengabaikan penambangan pasir tersebut padahal sudah jelas melanggar dan merusak lingkungan. Ia meminta pihak terkait untuk melakukan penertiban.

“Janganlah sampai semua nanti dirusak. Ini demi kepentingan anak cucu kita. BP Batam dan Pemko harus segera bertindak, jangan ini dibiarkan begitu saja,” katanya.

Menurutnya, semua pihak sudah mengetahui adanya penambangan ilegal tersebut. Tetapi seperti dibiarkan karena ada kepentingan.

“Ini hanya untuk kepentingan orang tertentu saja, tetapi dam ini sangat bermanfaat untuk semua warga Batam,” katanya. (ian)

Update