Jumat, 29 Maret 2024

14 E-KTP Ditemukan di Jalan

Berita Terkait

batampos.co.id – Ada temuan 14 e-KTP milik warga Tanjungpinang di jalan sekitar Kantor Disdukcapil, Tanjungpinang, Jumat lalu. Namun Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang,  Irianto menegaskan jika hal tersebut tak ada unsur politis.

”Iya, Jumat (22/6) kemarin, saya mendapatkan kabar itu dari Kasat Intel Polres Tanjungpinang,” kata Irianto, Minggu (24/6).

Ia mengaku sudah menuju Mapolsek Tanjungpinang Timur. Di sana, ia berjumpa dengan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan dan pihak yang menemukan 14 e-KTP tersebut. Irianto lekas melakukan pengecekan.

”Itu murni KTP yang dikeluarkan Disdukcapil Tanjungpinang. Tidak ada dari daerah lain. Kemudian kami melakukan pengecekan kepada salah satu pemilikinya, ternyata si pemilik menjawab KTP-nya masih diproses di Disdukcapil untuk diperpanjang. Itu diserahkan kepada siapa tidak tahu melalui siapa. Pada pemilik kTP lainnya juga jawabannya sama,” terang Irianto.

Ia kemudian menjelaskan kepada yang mengurus KTP yang tercecer tersebut bahwasanya KTP yang masa berlakunya habis dari 2012 sampai 2017 itu masih tetap berlaku dan belum bisa diperpanjang. ”Jadi orang itu kemudian mengumpulkan sebanyak 14 KTP untuk kemudian diurus ke Disduk dan kemudian terjatuh. Dia tidak tau jatuh dimana. Ia cari, namun tidak menemukan,” ujar Irianto.

Karena sudah terang perkaranya, Irianto menegaskan, peristiwa penemuan KTP ini tidak ada kaitannya dengan unsur politik atau kepentingan pasangan calon kepala daerah atau juga sekadar sensasi. ”Itu murni keteledoran,” tegas Irianto.

Sekarang seluruh KTP tersebut, sambung Irianto, berada di Mapolsek Tanjungpinang Timur dan sudah dilakukan pemeriksaan kepada dua pemilik. ”Karena ada dua pemilik yang masih berada di Malaysia,” pungkas Irianto. (aya)

Update