Sabtu, 20 April 2024

Harga Daging masih Mahal

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Seminggu pasca Lebaran Idul Fitri harga komoditas di pasar tradisional masih tinggi, Minggu (24/6). Saat ini harga daging sapi mencapai Rp 95 ribu per kilo sedangkan daging ayam Rp 38 ribu.

“Harga daging sapi semakin naik, harga daging ayam juga belum turun-turun,” ujar Ridwan pedagang daging sapi di Pasar SP Plaza, Sagulung.

Dia mengatakan tingginya harga komoditas tersebut lantaran pasokan daging yang mulai menipis. Belakangan ini distributor hanya mendistribusikan sekitar 15 kilogram daging kepada setiap pedagang, padahal biasanya sampai 30 kilogram dalam sehari.

“Dapatnya susah, mungkin karena selesai Lebaran,” katanya.

Selain itu, tingginya harga daging juga diikuti daya beli masyarakat yang turun. Ridwan mencontohkan, pasokan daging sapi sebanyak 15 kilogram itu bisa terjual selama dua hari. “Biasanya 50 kilogram daging pun bisa terjual dalam sehari,” katanya.

Di Pasar Fanindo Batuaji harga komoditas tersebut dijual berbeda. Harga daging sapi dijual Rp 85 hingga Rp 90 sementara daging ayam Rp 36 ribu.

“Setiap pasar memang beda-beda, tergantung harga dari distributor,” kata Aan pedagang daging sapi di Fanindo.

Ditanya pasokan daging, Aan mengaku memang sedikit menipis. Berbeda dengan saat menjelang Lebaran, pasokan daging sapi maupun ayam cukup melimpah.

“Paling-paling dapat 20 kilogram. Itupun tak langsung laku karena masih sepi,” katanya.

Sementara untuk harga sayur lokal hijau di kedua pasar tersebut terpantau normal. Murni penjual sayur mengatakan harga bayam dan kangkung dijual Rp 7 ribu dari harga sebelumnya Rp 14 ribu. Demikian juga untuk harga cabai, tomat, bawang putih dan merah, sawi.

“Harga sayur sudah pada turun, tapi pembelinya masih sepi,” tutupnya. (une)

Update