Jumat, 29 Maret 2024

Pasokan Minim, Harga Ikan Laut Makin Mahal

Berita Terkait

batampos.co.id – Kondisi cuaca yang kurang bersahabat di perairan Lingga , berdampak pada menipisnya ketersediaan atau pasokan ikan di pasar. Karena pasokan ikan segar dari nelayan menipis, otomatis harga ikan saat ini di Lingga naik. Begitu juga ikan yang kondisinya kurang segar, oleh pedagang ikan dijual dengan harga yang juga tinggi.
Cuaca yang kurang bersahabat juga membuat banyak nelayan memilih menambatkan perahunya daripada memaksakan untuk melaut.

”Apalagi dari Dabo memang tak ada lagi pasokan ikan. Ini ikan yang dijual bukan dari nelayan di Dabo, tapi dari nelayan di beberapa pulau dan nelayan dari Tanjungpinang,” ujar salah seorang pedagang ikan di Pasar Dabo Singkep, Sahrul, Minggu (24/6).

Harga ikan di pasar basah Dabo Singkep saat ini harganya tinggi dan bervariasi sesuai kondisi ikan. Seperti misalnya ikan selar saat ini perkilogramnya harganya mencapai Rp 45 ribu dari sebelumnya yang hanya Rp 30 ribu saja.

Begitu juga dengan tongkol saat ini dipatok Rp 30 ribu perkilogramnya dari sebelumnya yang hanya Rp 25 ribu. Untuk udang saat ini harga perkilogramnya Rp 80 ribu dari sebelumnya Rp 65 ribu.

Minimnya pasokan ikan serta harganya yang mahal saat ini, membuat masyarakat yang biasanya mengkonsumi ikan laut, saat ini beralih membeli ayam potong meski harganya juga mahal mencapai Rp 40 ribu perkilogramnya pasokan dari Batam dan Tanjungpinang. (wsa)

Update