Jumat, 29 Maret 2024

Pemko Batam akan Gelar Mutasi dan Rotasi

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana melakukan rotasi dan mutasi pegawai dalam waktu dekat. Terkait ini, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengingatkan tak boleh ada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau pejabat tertentu yang bermain dengan berjanji menempatkan pegawai pada posisi tertentu.

Hal yang sama juga ia imbau agar pegawai tidak meminta diri untuk ditempatkan pada posisi tertentu.

“Apalagi sampai bayar. Saya Pak Wakil dan Sekda tidak pernah titip satu rupiahpun, semenjak kami dilantik tak boleh ada hal semacam ini,” kata Rudi.

Menurutnya, pegawai tidak perlu menghalalkan cara di luar aturan yang sudah ditentukan. Ia mengatakan, penempatan pegawai akan dilakuakns esuai dengan kemampuan masing-masing.

“Kalau punya kemampuan jabatan akan datang sendiri. Tak usah krasak krusuk bayar sana bayar sini. Karena bayar pun tak akan jadi juga,” ucapnya.

Selain promosi jabatan, ia mengatakan pejabat tertentu tak usah jadi calo ketika ada ajuan mutasi dari daerah lain. Ia memastikan, sebagai pimpinan daerah akan selektif dalam memilih sumber daya manusia yang akan ditempatkan pada posisi tertentu.

“Kalau tidak perlu saya tidak akan ACC,” imbuhnya.

Walau menegaskan tidak ada yang boleh bermain, ia mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan penerimaan dalam kondisi tertentu sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun melihat kondisi pegawai Batam kini, ia rasa sudah lebih dari cukup. “Yang urus mutasi masuk Batam banyak termasuk eselon 2 dan 3, kalau terima yang ada akan jadi korban makanya saya tak ACC,” imbunya.

Maka dari itu, berhubung akan ada promisi dan mutasi ia mengimbau kepada OPD yang kekurangan jabatan tertentu dan ada pegawai yang dirasa tidak pas untuk posisi tertentu untuk segera siapkan ajuan supaya bisa disesuaikan.

“Lebih bagus tak diterima dari luar dulu, saya kira cukup pegawai kita. Tinggal tingkatkan kemampuan supaya dapat promosi jabatan,” pungkasnya. (iza)

Update