Jumat, 29 Maret 2024

5 Langkah Bikin Rumah tetap Nyaman

Berita Terkait

ilustrasi

Dilansir dari Health Site, Selasa (26/6), membersihkan rumah merupakan agenda wajib semua anggota keluarga. Bagian-bagian yang dirasa rentan terhadap kotoran dan jamur harus diutamakan. Contohnya seperti interior kayu yang lembap, ventilasi, langit-langit yang bocor, dan dinding yang mengelupas. Seluruh masalah ini timbul saat musim hujan tiba.

Lalu, apa saja kiat efektif yang dapat dilakukan untuk membersihkan lingkungan rumah? Simak ulasannya.
Jaga Rumah Tetap Nyaman Saat Musim Hujan dengan 5 Langkah
Berikan perhatian khusus pada perabotan kayu saat musim hujan. (Istimewa)

1. Periksa Kebocoran

Penting untuk memeriksa bagian atap dan dinding, sebab pada musim hujan biasanya membuat konstruksi lebih buruk dan dapat menyebabkan kelembaban yang menjadi tempat berkembang biak bagi lumut dan jamur. Untuk melindungi rumah, ada baiknya melakukan cat dinding dengan kualitas waterproofing. Periksa pipa atau saluran air agar air tidak stagnan dan dapat mengalir dengan lancar ke tanah.

2. Perawatan Karpet

Lebih baik untuk menggulung semua karpet dan tikar yang ada di rumah selama musim hujan. Simpan di tempat kering dengan sirkulasi udara yang bagus. Fungsinya akan mencegah mereka menjadi basah dan juga melindungi dari serangan jamur.

3. Lindungi Perabotan Kayu

Pindah dan geser semua perabotan kayu beberapa inci dari jendela dan pintu. Tunggu hingga musim hujan berakhir. Selain itu letakkan kapur barus di dalam lemari untuk membantu menyerap kelembapan dan menjaga pakaian tetap segar. Bisa juga meletakkan beberapa cengkeh di antara pakaian Anda.

4. Keringkan Pakaian Secara Berkala

Salah satu masalah terbesar selama musim hujan adalah bahwa pakaian tidak bisa dikeringkan di luar rumah. Sebagai gantinya Anda dapat mengeringkannya di dalam ruangan di bawah kipas angin. Untuk beberapa pakaian seperti bahan linen dan spreI, kedua bahan ini perlu perawatan ekstra agar tidak rusak oleh kelembapan. Jika tidak benar-benar kering, mereka bisa beraroma buruk. Lakukan pembersihan secara berkala agar tetap terlihat bagus dan berbau segar.

5. Perawatan Sebelum Musim Hujan

Sebaiknya hubungi beberapa tenaga profesional atau tukang untuk melakukan pengecekan rumah sebelum musim hujan. Jika ada masalah supaya dapat teratasi dengan segera. Menjaga rumah tetap bersih selama musim hujan penting untuk kesehatan dan kebersihan seluruh keluarga.

(fid/JPC)

Update