Kamis, 28 Maret 2024

Desa Harus Siap Diaudit

Berita Terkait

 Abdul Haris. F. Dokumentasi batampos.co.id

batampos.co.id – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris, mengingatkan kepada seluruh kepala desa se Anambas agar mempersiapkan diri. Pasalnya dalam waktu dekat ini akan ada 20 desa yang akan diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Namun demikian dirinya tidak menyebutkan desa mana saja yang akan diperiksa.

“Kepada camat lakukan koordinasi dengan pemerintah desa, pantau dan berikan bimbingan serta petunjuk kepada setiap desa,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2017 di lantai satu gedung DPRD Anambas Senin (25/6).

Dirinya berharap agar camat mengkoodinir desa untuk menyiapkan dokumen Pertanggungjawaban sehingga saat pemeriksaan semuanya tersaji dengan baik dan lengkap sehingga pemeriksaan berjalan lancar. Jika persiapan matang, maka akan mendapatkan nilai plus.

“Ini tanggungjawab bersama. Camat pantau dan berikan arahan dan pengawasan sehingga saat BPK audit, semua laporan siap tersaji supaya BPK tak kesal dan jengkel jadi harus ada kerja sama yang baik,” ungkapnya lagi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Sahtiar, mengaku tidak bisa menyebutkan desa mana saja yang akan diperiksa nanti. Karena belum ditentukan desa mana saja.

Menurutnya, pemeriksaan administrasi tingkat desa oleh BPK tersebut dilakukan secara bertahap. Untuk tahapan kali ini akan ada 20 desa yang akan diaudit. “Nantinya juga akan diaudit semua, tapi kali ini 20 desa dulu,” katanya. (sya)

Update