Iklan
Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, SE, MM., bersama ASPERIKAT (Asosiasi Peternak dan Pengusaha Ikan Air Tawar) kota Batam melaksanakan panen raya ikan air tawar.

batampos.co.id – Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, SE, MM., bersama ASPERIKAT (Asosiasi Peternak dan Pengusaha Ikan Air Tawar) kota Batam melaksanakan panen raya ikan air tawar, bertempat di kolam ikan di Kampung Sungai Bulu Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang, Kamis (28/6/2018).

Peran dari TNI AL Lantamal IV dalam hal ini Lanal Batam dan juga Pemko Batam adalah sebagai Pembina Asperikat Kota Batam.

Hal tersebut bermula dari adanya persaingan harga antar-pengusaha ikan air tawar sehingga terjadi ketidakstabilan profuksi dan harga ikan air tawar yang mengakibatkan peternak ikan air tawar banyak yang merugi, ditambah lagi pasokan ikan lele dari luar negeri yang cukup melimpah serta mengingat kebutuhan ikan air tawar yang sangat tinggi dari masyarakat kota Batam, yang pada akhirnya mengakibatkan inflasi daerah

Dengan kondisi itu Danlanal Batam melaksanakan koordinasi dengan Walikota Batam untuk merangkul seluruh peternak ikan air tawar dan dijadikan satu dalam wadah yang berbadan hukum, sementara itu dari Lanal Batam memberikan jaminan tidak ada lagi pasokan ikan air tawar dari luar negeri melalui jalur laut ilegal yang beredar di pasaran

Maka dengan kondisi tersebut cibentuklah Asperikat pada tanggal 7 Juni 2018 yang diresmikan oleh Walikota Batam Beserta Danlanal Batam, yang pada saat ini beranggotakan 148 anggota yamg tersebar di 12 kecamatan di Batam

Panen raya dilaksanakan di area seluas 21 Ha yang terbagi dalam 12 petak tambak dengan masing masing tambak seluas 40 x 40 meter atau 1600 mtr persegi. Ikan yg dibudidayakan antara lain ikan lele, ikan mas, ikan gurami, ikan bawal dan ikan nila. Masa panen jenis ikan lele dapt dipanen rata rata 1 ton perhari, sedangkan untuk jenis ikan air tawar yang lain setiap bulan masing masing 500 kg.

Acara panen raya dihadiri pula oleh Wakil Walikota Batam, Danlantamal IV, Kepala Bakamla Zone Barat, Danguskamla Koarmada I, Asintel Koarmada I, Asisten Danlantamal IV, Aspotmar Koarmada I, Aspotmar Danlantamal IV, Dansatkat Koarmada I, Dansatrol Lantamal IV, Danlanal Batam, Danlanal TBK, perwakilan dr Ster Mabes TNI serta Ketua Asperikat beserta anggota dan instansi terkait lainnya. (*)

Advertisement
loading...