Kamis, 28 Maret 2024

Batam Batik Fashion Week 2018, Kenalkan Pengrajin Batik Batam

Berita Terkait

Rita seorang warga Batam pengrajin batik saat membatik disela-sela acara Batam Batik Fashion Week yang diselenggarakan oleh dekranasda Kota Batam di pusat perbelanjaan Kepri Mall, rabu (27/6/2018). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Batam Batik Fashion Week 2018 pertama kalinya digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional (Deskranasda) Kota Batam, yang resmi dibuka di Kepri Mall, Rabu (27/6).

Kegiatan yang melibatkan para desainer dan pembatik Batam ini akan digelar di tiga pusat perbelanjaan Batam yakni, Kepri Mall, Mega Mall dan Panbil Mall, hingga Kamis (19/7) nanti.

Ketua Deskranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi yang sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan, Batam Batik Fashion Week 2018 digagas dengan tujuan agar pengrajin batik di Batam kian dikenal ramai.

“Karya dari pengrajin batik Batam ini tidak kalah hebat dengan pengrajin batik dari daerah lainnya. Maka itu melalui acara ini dapat menjadi ajang untuk mengenal karya-karya mereka sekaligus para pengrajin batik lokal,” terang istri Wali Kota Batam tersebut.

Ia menyebutkan, sudah ada 10 motif batik Batam yang dipatenkan diantaranya batik jembatan Barelang dan batik gonggong. Terdapat 20 pengrajin batik yang datang dari kalangan orang tua hingga kaula muda. “Antusiasnya cukup baik, karena semua usia kami libatkan,” jelasnya.

Melihat respon yang hangat itu, Marlin mengaku optimis untuk mengenalkan pengrajin batik Batam dikancah nasional maupun internasional. Rencananya, 15 Agustus akan ditetapkan sebagai Hari Batik Batam.

“Kami akan mengundang pejabat pemerintah dari negara tetangga Singapura dan Malaysia, serta pihak Deskranasda dari seluruh wilayah Kepri,” papar Marlin.

Batam Batik Fashion Week 2018 yang dibuka di Kepri Mall, Rabu (27/6) selanjutnya akan digelar di Mega Mall, Sabtu (30/6), Panbil Mall, Sabtu (7/7), kemudian kembali digelar di Kepri Mall, Sabtu (14/7), dan terakhir di Mega Mall, Kamis (19/7). Dalam rangkaian acaranya, diisi dengan pameran batik, workshop, talk show, dan fashion show, serta berbagai lomba menarik. (nji)

Update