Sabtu, 20 April 2024

Unggulkan Sektor Wisata dan Perikanan

Berita Terkait

Petugas Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) mengamankan lima kapal ikan ilegal asal Vietnam di perairan Anambas, Senin (28/11). F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas ke depan akan mengandalkan dua sektor unggulan yakni sektor pariwisata dan perikanan untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Hal ini sesuai dengan potensi daerah yang memiliki. Dengan geografis yang didominasi oleh lautan, maka peluang besar dapat meningkatkan sektor perikanan.

Demikian juga dengan banyaknya pulau yang indah, maka Anambas juga berpeluang besar untuk meningkatkan sektor pariwisata. “Sumber daya alam kita sudah jelas dikenal oleh dunia. Bahkan Anambas dikenal memiliki pulau tropis terindah di Asia versi CNN,” ungkap Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, kemarin.

Dengan sumber daya alam yang baik tersebut, pemerintah daerah tinggal meningkatkan promosi. Namun demikian tetap membutuhkan dukungan dari semua pihak. Termasuk stake holder yang ada di Anambas.

Kedua sektor tersebut dinilai dapat meningkatkan pertumbuhannya ekonomi masyarakat. Selain itu juga bisa menjadi elemen penting dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Itu bisa jadi jantung PAD,” ungkapnya lagi.

Bentuk dukungan lain meningkatkan dunia pariwisata di Anambas, Bupati menginginkan setiap kecamatan menjaga kebersihan lingkungan. Karena kebersihan merupakan bagian dari pariwisata. “Pariwisata itu identik dengan kebersihan,” ungkap Haris didampingi Wakilnya Wan Zuhendra pada malam puncak perayaan HUT Anambas, Senin (25/6) kemarin. (sya)

Update