Kamis, 25 April 2024

Dua Pasien DBD Meninggal

Berita Terkait

batampos.co.id – Warga Karimun kembali harus menghadapi kasus demam berdarah dengue (DBD). Bulan ini, dua warga Tanjungbalai Karimun penderita DBD meninggal dunia.

”Memang benar dalam bulan ini sudah dua orang wa­r­ga yang meninggal dise­babkan DBD. Yang meninggal bukan anak-anak seperti banyak kasus DBD sebelumnya, melainkan ora­ng dewasa yang beru­sia 65 dan 28 tahun,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi, Kamis (28/6).

Kemarin dia juga mendapatkan laporan ada ti­ga orang warga menjalani perawatan di ru­mah sakit karena DBD. Dinkes mencatat 48 or­ang warga telah terkena DBD sejak Januari la­lu. Khusus bulan ini ada 8 orang yang menjalani pe­rawatan, dua di antaranya telah ­meninggal dunia.

”Kabupaten Karimun merupakan endemis DBD. Selain itu, kondisi saat ini, khususnya dalam setengah bulan terakhir sering turun hujan, cuaca dingin dan terkadang cuaca panas. Jika tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan, khususnya tempat penampungan air, bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegepty. Jika dalam satu pemukiman ada warga yang terkena DBD, tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan warga lain juga terkena,” paparnya.

Rachmadi mengajak seluruh warga untuk kembali menggiatkan gotong royong di pemukiman masing-masing. Apalagi di pemukiman yang padat penduduknya, sebagai salah satu bentuk pencegahan. Dia berpesan, jika ada anggota keluarga yang demam, segera bawa ke dokter agar bisa segera dideteksi apakah demam biasa atau DBD.(san)

Update