Selasa, 23 April 2024

SMKN 1 Terapkan Dua Sistem Pendaftaran

Berita Terkait

Calon peserta didik baru mendaftar di SMKN 1 Batuaji, Sabtu (30/6). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – SMKN 1 Batam di Batuaji menerapkan dua sistem pendaftaran untuk Penerimaan peserta didik baru (PPDB), yakni secara online dan manual. Tampak sejumlah calon siswa memadati meja petugas PPDB dari SMKN 1, untuk mencetak bukti pendaftaran yang lebih dulu dilakukan secara online.

“Kami memang menerapkan dua sistem untuk pendaftaran PPDB ini, tetapi itu bukan menandingi sistem yang dipakai Disdik Kepri (online) melainkan sebagai database dan backup data untuk kami,” kata Kepala SMKN I Batam Lea Lindrawijaya, Sabtu (30/6).

Ia mejelaskan, pihaknya perlu untuk mengetahui profil masing-masing anak yang mendaftar di SMKN 1 Batam sebagai database sekolah, dengan persyaratan membawa bukti pendaftaran secara online. Namun untuk persyaratan itu, banyak calon siswa yang tidak membawa bukti pendaftaran online di link PPDB Disdik Kepri tersebut.

“Sehingga mereka dibantu dengan kakak-kakak kelas untuk mencetak bukti tersebut, dan mengisi profil secara manual di formulir yang kami sediakan,” paparnya.

Sejak dibuka pendaftaran PPDB, Lea mengaku SMKN I Batam tidak mengalami kendala untuk setiap tahapan proses pendaftaran. “Sekarang ini kami dalam tahap pemeriksaan berkas terhadap siswa yang sudah melaksanakan tes yang mendaftar di hari pertama. Selanjutnya akan dilakukan tes fisik dan wawancara,” terang Lea.

Ia menyebutkan, SMKN 1 Batam hanya akan menerima 524 siswa untuk semua jurusan. “Hingga malam tadi (kemarin,red) yang mendaftar mencapai 1.233 siswa,” tutupnya. (nji)

Update