Gubernur Kepri Nurdin Basirun bercengkrama dengan anak-anak wisatawan saat berkunjung ke salah satu resort, Sabtu (30/6). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun yakin Kepri sebagai daerah kepulauan memiliki sumber daya yang banyak untuk menjadi sebagai destinasi wisata bahari baru, baik secara nasional maupun mendunia.

“Tugas kita saat ini adalah mengawal ketat, menjaga wisata kelautan kita dan meningkatkannya,” tegas Nurdin saat meninjau sejumlah lokasi wisata resort di Bintan, Batam, dan Karimun, Sabtu (30/6).

Menurut Nurdin, keunggulan maritim di Kepri harus terus dikembangkan dengan baik dan maksimal. Dirinya juga berterimakasih kepada para pelaku usaha yang memiliki ide-ide kreatif meningkatkan potensi tersebut. “Di tengah lesunya perekonomian ternyata ada potensi lain yang masih bisa digali seperti wisata bahari ini,” lanjut Nurdin.

Pemerintah sendiri, kata Nurdin, saat ini datang menjemput bola melihat langsung potensi tersebut di lapangan bukan malah menahan dan memperlambat proses kalau hal itu sudah sesuai aturan.

“Kita ingin paradigma perizinan yang terkesan diperlambat agar diubah, jangan hanya mempersulit tanpa melihat efek positif yang dihasilkan jika kegiatan ini berjalan, sebisa mungkin kita bantu,” tambah Nurdin lagi.

Secara khusus Nurdin menegaskan kepada pemilik usaha nanti jika resortnya sudah berjalan, dirinya ingin anak-anak tempatan dapat diikut sertakan dalam kegiatannya. “Anak daerah harus diberi kesempatan untuk ikut berperan aktif dalam menjalankan usaha-usaha tersebut,” tegas Nurdin.

Nurdin mengawali kunjungannya ke White Sand Island, resort baru tersebut memang sedang menjadi destinasi yang sedang ramai dikunjungi masyarakat, tidak sampai turun ke pulau karena laut sedang surut Nurdin hanya meninjau dari tengah laut.
“Nanti koordinasikan kepada pihak terkait agar dibuat rambu untuk masuk kapal-kapal,” ujar Nurdin kepada Asisten II Syamsul Bahrum yang ikut mendampingi. (bni)