batampos.co.id – Ratusan orang tua dan calon siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) rela antre berjam-jam saat melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB). Sebagian besar orang tua dan calon siswa tidak mengatahui cara pendaftaran secara online.

“Saya tidak tahu kalau sekolah ini (SMPN 17, red) telah menerapkan sistem PPDB online. Lagian saya juga gak faham daftar melalui online,” kata salah orang tua calon siswa, Ella saat mengantre di SMPN 17, kemarin.

Karenanya pekerja swasta ini rela mengantre untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut. “Sudah dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 belum selesai juga,” ujarnya lagi.

Orang tua calon sisawa lainnya, Nurdin mengatakan sejak sekitar pukul 08.00 WIB dirinya sudah antre di sekolah. “Sudah berjam-jam di sini tapi sampai sekarang belum juga dipanggil,” katanya.

Salah seorang pegawai sekolah mengaku jika sistem PPDB online di SMPN 17 sempat macet. Hal ini membuat antrean semakin panjang. “Ya macet-macet tadi. Padahal banyak orangtua sudah pada ngotot karena lama menunggu,” katanya.

Pantauan di lapangan, ruang Tata Usaha sekolah tersebut hanya terlihat 1 operator dan komputer. Sedangkan petugas lainnya terlihat menyeleksi berkas yang masuk.
Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir ketika dikonfirmasi mengakui banyak orangtua yang belum memahami sistem online karena beberapa sekolah belum mensosialisasikannya.Namun beberapa sekolah telah mulai menyosialisasikan, Senin (2/7).

“Tadi pagi sejumlah wali murid telah dikumpulkan pihak sekolah dan diberitahukan cara mendaftar online,” jelasnya.

Dengan sistem online ini, wali murid bisa mendaftar di mana dan kapan pun. Usai mendaftar, bisa ke sekolah untuk menverifikasi berkas. “Kalau tak paham juga sebaiknya ke sekolah. Nanti ada operator yang akan memberikan petunjuk PPDB online,” katanya. (met)