Lanal Tarempa memanen ikan kerapu di hasil budidaya nelayan yang berada di bawah binaan Lanal. F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Budidaya ikan kerapu di Kabupaten Kepulauan Anambas masih menjanjikan. Saat ini budidaya paling besar berada di Desa Air Sena Kecamatan Siantan Tengah. Ikan dari sana dapat mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Beberapa hari yang lalu Jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa yang dipimpin oleh Komandan Lanal, Letkol Laut (T) Arie Cahya Nugroho menggelar panen raya budidaya ikan kerapu pada wilayah binaan Lanal Tarempa di Desa Air Sena, Kecamatan Siantan Tengah.

“Panen raya budidaya ikan ini digelar serentak di seluruh Indonesia. Di Anambas sendiri, wilayah binaan Lanal Tarempa berada di Desa Air Sena. Panen raya ini merupakan program meningkatkan ketahanan pangan nasional,” kata Letkol Laut (T) Arie Cahya Nugroho yang didampingi Palaksa Lanal Tarempa, Mayor Laut (P) Budi Darmawan, Selasa (3/7).

Arie begitu dirinya dipanggil mengaku puas. Di mana pa­nen raya budidaya ikan kera­pu perdana tersebut sudah menghasilkan sekitar 700 kilogram ikan kerapu yang bersumber dari beberapa nelayan budidaya di Desa Air Sena. “Mudah-mudahan tujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat dapat terwujud,” ungkapnya.

Arie mengatakan, sektor perikanan budidaya merupakan cermin nelayan masa kini yang berkembang sesuai dengan kemajuan. Budidaya ikan menjadi salah satu sumberdaya yang sangat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pemberdayaan ekonomi di tengah  masyarakat.

”Potensi perikanan di Anambas ini sangat melimpah, melalui program ini kita ingin mendorong masyarakat untuk mengembangkan budidaya ikan. Kami juga berencana akan memperluas wilayah binaan budidaya ini ke desa-desa lain,” ucapnya.

Palaksa Lanal Tarempa Mayor Laut (P) Budi Darmawan, berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara tersebut. Sehingga pelaksanaan panen raya berjalan dengan lancar dan sukses.

“Panen raya dilaksanakan pada hari Kamis (28/6). Panen raya dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB, kegiatan aman dan lancar,” jelasnya. (sya)