batampos.co.id – Pemkab Bintan menjalin kerja sama dengan pihak Bintan Resort Cakrawala (BRC) dalam menyambut kedatangan perdana kapal pesiar Genting Dream Cruise ke kawasan perairan Bandar Bentan Telani (BBT), Lagoi, Kabupaten Bintan, Jumat (7/7) besok.

Hal tersebut diketahui seusai Bupati Bintan Apri Sujadi memimpin rapat koordinasi terkait persiapan penyambutan kedatangan perdana kapal pesiar Genting Dream Cruise bersama Management Genting Dream Cruise dan Bintan Resort Cakrawala (BRC) di Bintan Expo, Rabu (4/7) pagi.

“Iya, hari ini kami rapat koordinasi terkait persiapan penyambutan Kapal Pesiar Genting Dream Cruise yang membawa banyak turis asing,” ujarnya.

Menurut Apri, melalui kapal pesiar tersebut, Bintan akan kedatangan 4.000 hingga 5.000 wisatawan asing setiap pekannya. Rencananya, sambung Apri untuk tahap awal kesepakatan akan berlangsung selama 52 kali atau sekitar 1 tahun lebih. Apri juga menjelaskan untuk mendatangkan kapal pesiar ini ke Kabupaten Bintan berawal dari setahun yang lalu. Saat itu, management Genting Dream Cruise meninjau ke beberapa lokasi wisata yang ada di Kabupaten Bintan.

Kemudian pembahasan terus berlanjut dan puncaknya Februari 2018, Pemkab Bintan menjalin kerja sama dengan Management Genting Dream Cruise.
“Ide awal kita hanya memastikan jika Genting Dream Cruise berkunjung secara reguler, maka postur kunjungan wisman ke Bintan akan meningkat. Jadi skemanya kapal berangkat melalui negara Singapura lalu singgah ke Bintan,” ujarnya.

Dengan kerja sama ini maka Kabupaten Bintan akan menjadi destinasi baru bagi kapal Genting Dream Cruise dimana sebelumnya kapal tersebut biasanya melayari Port Klang dan Melaka, Malaysia.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bintan, Luki Zaiman Prawira menuturkan, kapasitas angkut kapal Genting Dream Cruise itu sangat besar. Jumlah kunjungan per bulannya juga banyak. Jadi, otomatis wilayah Kabupaten Bintan akan mendapat suntikan wisman sangat besar. Kedatangan kapal pesiar berpostur gigantik yang memiliki panjang 335,33 meter atau setara 1.100 kaki 2 inch dipastikan akan membuat persentase kunjungan wisman ke Bintan melonjak tajam.

Diketahui sebelumnya sepanjang Januari sampai Mei 2018, persentase kenaikan kunjungan wisman di Bintan mengalami kenaikan hingga 26 persen. Imbasnya, rapor kunjungan wisman di Kepri naik berkisar 13,69 persen dari bulan sebelumnya.
“Kita sangat bersyukur, kerja sama ini menjadi terobosan baru untuk mengangkat dunia pariwisata kita,” bebernya. (met)