Ilustrasi

batampos.co.id – Pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) telah resmi dibuka mulai kemarin, Rabu (4/7). Namun sejumlah partai politik (parpol) belum mendaftarkan kadernya karena masih kekurangan bakal caleg.

Ketiga parpol itu masing-masing Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan partai pendatang baru, Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ketua Dewan Pimpinan Kota (DPK) PKPI Kota Batam, Jurado Siburian, mengatakan saat ini jumlah bacaleg yang sudah mendaftar ke PKPI Kota Batam baru mencapai 80 persen dari 50 kuota yang tersedia. Namun ia yakin, sebelum pendaftaran bacaleg ditutup, kuota bacaleg PKPI akan terpenuhi.

“Peminat ke PKPI termasuk ramai meski bisa dikatakan PKPI ini masih baru dibanding partai lainnya. Tetapi bagi siapa yang mau maju lewat PKPI silakan mendaftar. Tentunya gratis, lewat PKPI tidak ada istilah duit atau bayar untuk pencalegan ini,” kata Jurado, Rabu (4/7).

Menurut anggota Komisi I DPRD Kota Batam ini, keterwakilan perempuan sudah terpenuhi. Tetapi ada beberapa dapil yang masih kekurangan satu atau dua bacaleg.

“Saya ulangi lagi, pencalegan tidak menjadi masalah. Kami yakin, PKPI adalah partai yang bersih dan banyak dilirik bacaleg,” katanya.

Partai yang baru menjadi peserta pemilu tahun ini, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga masih terus membuka pendaftaran bacaleg. Sebab hingga kemarin kuota bacaleg belum terpenuhi. “Sudah hampir penuh. Hanya ada beberapa dapil masih kurang satu atau dua bacaleg saja,” kata DPC PSI Bengkong, Harley Davidson, kemarin.

Harley mengatakan, meski partai baru PSI sangat diminati oleh warga. Banyak warga yang langsung mendaftar menjadi bacaleg, terutama yang masih berusia muda. Semangat muda dari PSI dipastikan akan membawa PSI ke level yang terbaik perpolitikan di Batam, Kepri, dan Indonesia.

“Rata-rata yang menjadi bacaleg adalah yang muda. Ini sesuai dengan imbauan ketua umum. Dengan semangat muda, kita yakin PSI akan membawa perubahan yang lebih baik lagi,” katanya.

Tak hanya partai baru, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga masih tetap membuka pendaftaran bacaleg. Sebab kuota 50 bacaleg belum terpenuhi hingga kemarin.

“Siapa saja yang mau gabung dengan PPP, mari datang dan kita besarkan sama-sama partai ini,” kata Sekretaris PPP Kota Batam, Eki Kurniawan, kemarin.

Menurut Eki, pada prinsipnya, jumlah pendaftar ke PPP sudah memenuhi kuota untuk bacaleg. Tetapi masih ada beberapa dari bacaleg yang masih mengurus berkas-berkas persyaratan. Sebagai partai yang sudah lama menjadi peserta pemilu, PPP menurut Eki tidak akan kesulitan mencari bacaleg.

“Kita yakin akan terpenuhi kuotanya. Pendaftaran juga kan baru hari ini. Masih panjang waktu untuk mendaftar ke KPU,” katanya.

Sementara partai-partai lain seperti PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Gerindra, Hanura, Perindo sedang melakukan verifikasi terhadap bacalegnya. Partai-partai tersebut sudah memenuhi kuota bacaleg termasuk keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

“Kalau kami tinggal menunggu waktu yang tepat saja untuk melakukan pendaftaran. Verifikasi untuk bacaleg masih terus dilakukan. Kita sudah memenuhi semua persyaratan,” kata Tonny Siahaan, Sekretaris DPD Perindo Kota Batam.

Belum Ada yang Daftar

Sementara di hari pertama pendaftaran bacaleg di KPU Kota Batam, Rabu (4/7), belum satupun parpol yang mendaftarkan bacalegnya.

Komisioner Bidang Teknik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Zaki Setiawan

Komisioner Bidang Teknik KPU Batam Zaki Setiawan memprediksi pendaftaran akan ramai jelang pendaftaran ditutup pada Selasa (17/7) mendatang.

“Hari pertama ini tak ada yang datang. Mungkin mereka masih menggodok bacaleg yang akan didaftarkan,” kata Zaki, Rabu (7/4).

Sebelum mendatangi KPU Batam, parpol harus mendaftarkan bacaleg mereka ke sistem infomasi pencalonan (Silon) KPU. Setelah itu, menyerahkan berkas untuk verifikasi berkas.

“Masih ada waktu hingga 17 Juli mendatang. Kami berharap mereka bisa daftar lebih awal,” ujar Zaki.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasdem Batam, Amsakar Achmad mengatakan masih menunggu pematangan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem untuk nama-nama bacaleg yang akan diajukan. Hingga saat ini ada lebih dari 100 orang yang mengajukan diri sebagai bacaleg.

“Ini masih proses. Rencananya kami akan ajukan 50 nama ke KPU Batam,” sebut Amsakar saat di jumpai di Sekupang, kemarin.

Ia menyebutkan jumlah pengajuan bacaleg di Nasdem cukup banyak. Misalnya untuk Dapil Batam Kota, kuotanya hanya 12 orang. Namun yang daftar mencapai 26 orang.

“Ini yang masih dimatangkan dulu. Kami harus menyeleksi dengan tepat 12 orang yang akan diajukan nanti,” imbuhnya.