Jumat, 29 Maret 2024

Camat dan Polisi Tabur Bubuk Abate

Berita Terkait

Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono didampingi Camat Tebing Agung Jati Kusuma menaburkan serbuk abate di salah satu rumah warga Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, Kamis (5/7). F. Dokumentasi Polsek Tebing

batampos.co.id – Mencegah tempat-tempat pembiakan nyamuk aedes aegypti yang merupakan nyamuk pembawa penyakit demam berdarah dengue (DBD), pihak Kecamatan Tebing bersama Puskesmas Tebing dan Polsek Tebing melakukan tebar bubuk abate di tempat-tempat penampungan air milik warga, Kamis (5/7).

”Ini salah satu upaya kita mencegah penyakit demam berdarah,” kata Camat Tebing Agung Jati Kusuma, kemarin.

Agung menambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk mensosialisasikan program ”Bergerak Bersama Mencegah DBD”. Selain dengan bubuk abate, pencegahan juga dilakukan dengan menjaga kebersihan di lingkungan pemukiman masyarakat. Masyarakat harus kembali menggalakkan kegiatan gotong-royong agar sampah-sampah yang biasa menjadi tempat penampungan air hujan bisa ditutup.

”Apa yang kita lakukan dapat menjadi contoh untuk masyarakat lainnya. Apalagi mengingat kasus DBD yang pernah terjadi dari wilayah Kecamatan Tebing sampai bulan lalu jumlahnya mencapai 48 kasus,” sebutnya.

Untuk itu ia berharap tak ada lagi masyarakat yang terkena DBD. ”Kalau memang demam, segera bawa ke Puskesmas atau rumah sakit. Sehingga, bisa dideteksi dini apa penyebab demam tersebut,” pintanya.

Langkah antisipasi ini diambil karena saat ini curah hujan hujan tergolong tinggi. Genangan air hujan di berbagai tempat bisa menjadi tempat menetasnya nyamuk penyebab DBD. Selain itu, tidak hanya tempat penampungan air yang ada di luar rumah yang selalu dibersihkan dan ditabur bubuk abate, juga tempat penampungan air di dalam rumah. Sebab, nyamuk aedes aegypti lebih suka di berkembang biak di air yang bersih dan jernih.

”Kita melibatkan semua komponen masyarakat termasuk dari Puskesmas Tebing maupun Kecamatan Tebing bersama masyarakat,” kata Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono yang ikut dalam kegiatan tersebut. (san/tri)

Update