Marketing Promotion Nutrifood Area Kepri, Mutia (kiri), pembina panitia International Independence Day Fishing Tournament, Roni Mikael Siregar, Direktur Batam Pos, Direktur Batam Pos Guntur Marchista Sunan (tengah), ketua panitia acara Muhamad Sidik dan Manager Pemasaran Batam Pos, Herianton berfoto bersama. F Rengga Batam Pos

batampos.co.id – Wisata bahari semakin gencar dilakukan demi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Batam yang menjadi salah satu destinasi wisata akan menggelar acara lomba mancing berkelas dunia, International Independence Day Fishing Tournament.

Turnamen lomba memancing digelar Club Mancing Batam pada 11 sampai 12 Agustus 2018 mendatang. Turnamen ini berkelas dunia karena libatkan empat negara yakni Indonesia, Singapura, Malaysia dan Thailand. Adapun lokasi memancing akan difokuskan di perairan Petong Jembatan Enam.

“Tujuan kita memperkenalkan wisata bahari dan sekaligus mendekatkan hubungan silaturahmi beberapa komunitas penghobi mancing baik yang ada di Batam maupun luar Batam,” kata Muhamad Sidik, ketua panitia acara di Graha Pena Batam Pos, Kamis (5/7).

International Independence Day Fishing Tournament juga terbuka untuk seluruh personal yang memiliki hobi memancing. Dalam turnamen ini satu tim per kapal yang berjumlah lima orang. Pemenang turnamen akan diumumkan berdasarkan tangkapan ikan terbanyak jenis tertentu.

“Supaya fair, kita belum umumkan jenis ikan apa saja yang menjadi penilaian lomba. Jenis ikan ini akan diumumkan pada hari H,” tutur dia.

Untuk peserta sendiri, panitian menargetkan 40 sampai 50 kapal. Namun melihat tingginya antusias peserta tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah. Lokasi pendaftaran sudah dibuka di Zaky Pancing yang berada di Bida Ayu Blok C7 Nomor 16 Pintu 3 Tanjungpiayu, Batam. Biaya pendaftaran Rp 2,5 juta pertim dengan kapasitas maksimal lima orang peserta. Pendaftaran sendiri sudah ditutupn pada 21 Juli nanti.

Sidik menambahkan, untuk hadiah perlombaan juara pertama tim yang memperoleh bobot ikan paling berat akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 12 juta. Juara kedua Rp 7 juta dan hadiah ketiga Rp 5 juta. Selain itu ada juga hadiah hiburan bagi kategori personal yang mendapatkan tangkapan ikan terbanyak. Dalam turnamen ini teknik mancing yang diperbolehkan yaknipopping, teknik mancing dasaran dan teknik casting. (rng)