batampos.co.id – Kelurahan Kampung Bulang siap jadi yang terbaik pada lomba kelurahan terbaik tingkat provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun ini. Dari 18 kelurahan yang ada di Tanjungpinang, hanya Kampung Bulang yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mewakili Tanjungpinang.

Sebab itu, harapan terhadap kelurahan di kecamatan Tanjungpinang Timur ini dianjung tinggi. Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza yakin kelurahan Kampung Bulang bisa memberikan yang terbaik buat Tanjungpinang.

“Salah satu penilaian dalam lomba kelurahan ini adalah profil kelurahannya dan prestasi-prestasi yang pernah diraih. Saya melihat Kampung Bulang ini cukup menonjol dan berprestasi dalam segala bidang. Sinergitas antarperangkat kelurahan dan masyarakat terbangun secara harmonis,” ungkap Ariza usai menghadiri prosesi penilaian di kantor lurah, Kamis (5/7) kemarin.

Ariza juga berharap, ke depan, 17 kelurahan yang ada ikut menyusul agar bisa berkompetisi pada ajang rutin tahunan yang digelar Pemprov Kepri ini. Kampung Bulang, kata dia, mesti jadi teladan buat kelurahan-kelurahan yang lain.

“Besar harapan saya bahwa apa yang kurang, mudah-mudahan menjadi pembelajaran untuk melakukan pelayanan yang lebih optimal lagi, yang lebih sinergi lagi, yang mampu membawa kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Ariza.

Ada beberapa indikator penilaian dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepri. Ketua Tim Penilai dari Provinsi Kepri, Soekardi menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam RI Negeri Nomor 13 Tahun 2007 terdapat sembilan indikator dalam penilaian lomba tersebut.

“Salah satu indikator yang menjadi penilaian adalah terobosan atau inovasi yang dilakukan oleh kepala desa atau lurah dalam mengatasi permasalahan kewilayahan, hal ini dipandang perlu untuk mendorong kepala desa atau lurah berkompenten dalam meningkatkan pelayanan publik,” ungkapnya. (aya)