batampos.co.id – Fauzi Bahar, salah satu kandidat Wakil Gubernur (Wagub) Kepri masih belum menyerah. Mantan wali kota Padang tersebut melayangkan gugatan atas Keputusan Presiden (Keppres) terkait penetapan Isdianto sebagai Wagub Kepri. Gugatan tersebut membuat posisi Isdianto saat ini tidak aman.

Berdasarkan data Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Fauzi Bahar melakukan pendaftaran perkara pada 15 Mei 2018 lalu. Dalam gugatan tersebut, Fauzi Bahar tidak sendiri, ia bersama Budi Sudarmawan dan Fredo.

Dalam gugatan tersebut, Fauzi Bahar menyatakan pengangkatan Isdianto sebagai Wagub Kepri sisa masa jabatan 2016-2021 melalui Keppres Nomor 44/P Tahun 2018, tertanggal 14 Maret 2018 tidak sah dan batal demi hukum. PTUN Jakarta menargetkan perkara tersebut rampung dalam 51 hari kerja.

“Ya, benar kami melakukan gugatan. Pokok perkaranya mengenai Keppres tentang penetapan Isdianto sebagai Wagub Kepri,” ujar Fauzi Bahar, menjawab pertanyaan Batam Pos, tadi malam.

Terpisah Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengaku belum dapat kabar mengenai hal itu. Menurutnya, setiap warga negara punya hak untuk melakukan gugatan jika memang ada yang dinilai salah. Meskipun demikian, ia tidak ingin berpolemik dalam gugatan tersebut.
“Yang jelas, Pak Isdianto adalah Wagub Kepri saat ini. Jika ada gugatan, kita hormati,” ujar Nurdin di Kantor Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri, Kamis (5/7).

Seperti diketahui, pada proses pemilihan Wagub Kepri lalu, nama Fauzi Bahar diusulkan oleh Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pada proses pemilihan di DPRD Kepri, Fauzi Bahar juga sempat menggugat keputusan DPRD Kepri di PTUN Tanjungpinang, Batam. Akan tetapi hasilnya dimentahkan oleh pengadilan.

Meskipun melalui pembahasan yang alot, akhirnya DPRD Kepri memutuskan Isdianto sebagai Wagub Kepri untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Nurdin Basirun yang naik jadi Gubernur menggantikan Muhammad Sani yang wafat tak lama setekah dilantik jadi gubernur Kepri.

Isdianto dilantik sebagai Wagub Kepri oleh Presiden Jokowi pada 27 Maret 2018 lalu di Istana Negara, Jakarta. (jpg)