Sejumlah penumpang antarpulau tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Rabu (20/6) lalu. F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhan (KSOP) Tanjungpinang bersama Polres Tanjungpinang melakukan pengecekan rutin kelayakan moda transportasi laut di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kamis (5/7).

Pengecekan dilakukan guna memastikan aspek standar kelaikan kapal dan keselamatan pelayaran terpenuhi. Selain itu, pemeriksaan dilakukan guna menjamin kepastian keselamatan dan keamanan pengguna jasa transportasi laut.

Marine Inspector KSOP Tanjungpinang, Suhartono mengatakan pihaknya juga memantau setiap kapal yang berlayar, melalui radio. Apabila terjadi masalah saat berlayar, kapal dapat terhubung langsung dengan stasiun radio operasi pantai (Vessel Traffic Service).

Setiap negara, lanjut Suhartono, mempunyai standar keselamatan tersendiri. Di bawah GT 500, kapal-kapal di Indonesia sudah mempunyai standart nonvessel. ”Seluruh kapal sudah memenuhi persyaratan untuk berlayar sesuai dengan petunjuk internasional network,” jelasnya.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, pihaknya membantu melakukan pengecekan transportasi laut di pelabuhan. Selain itu, polisi juga melakukan diskusi bersama awak kapal mengenai kendala saat berlayar dan memberikan solusinya.

Saat berlayar, lanjut Ucok, awak kapal juga harus selalu memperhatikan perkembangan cuaca. Sehingga dapat mengantisipasi permasalahan saat berlayar. ”Cuaca sering berubah, begitu juga dengan ketinggian ombak. Ini yang harus selalu di waspadai,” kata Kapolres.(odi)