Orangtua dan calon siswa mendaftar di SMKN 1 Batuaji, Senin (2/7). F dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMK berakhir pada, Selasa (3/7) kemarin. Total calon siswa yang sudah mendaftar di SMKN 2 Batam sebanyak 640 peserta. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding daya tampung yang hanya 432 siswa.

Humas SMKN 2 Batam Herlina menuturkan, PPDB di SMKN 2 Batam dimulai sejak 28 Juni sampai 3 Juli sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. Verifikasi berkas dan tes dimulai dari tanggal 4 Juli 2018.
Calon Peserta Didik yang dapat diverifikasi berdasarkan data pendaftar online website resmi di http://ppdb.kepriprov.go.id.

“Jumlah nomor antian sampai hari ini lebih kurang 640 nomor,” kata Herlina, Kamis (5/7).

Agar pelaksanaan proses verifikasi tidak berdesakan, lanjut dia, sekolah membagi jadwal dimana nomor 1-200 di hari pertama, 201-500 di hari kedua, 501-selesai di hari ketiga. Bentuk tes yang dilakukan adalah Computer Based Test dengan soal-soal dasar kejuruan.

Khusus untuk pendaftar di Paket Keahlian Perhotelan dan Tata Boga ada syarat tambahan yaitu untuk laki-laki standard tinggi badan 160 cm dan perempuan 155cm sesuai kebutuhan di Industri. Sedangkan Paket Keahlian Usaha Perjalanan Wisata ada wawancara Bahasa Inggris.

Herlina menambahkan, pengumuman penerimaan PPDB yang semula dijadwalkan 9 Juli akan disampaikan pada 10 Juli. Setelah itu dilanjutkan dengan daftar ulang. Tahun ini SMKN 2 Batam membuka 12 kelas terdiri dari dua kelas akuntansi, tiga kelas usaha perjalanan wisata, tiga kelas perhotelan, tiga kelas tata boga dan satu kelas tata busana.

“Proses PPBD sampai saat ini berjalan dengan lancar dan kami membuka stand informasi bagi pendaftar dan orangtua yang membutuhkan informasi seputar PPDB di sekolah,” jelas dia. (rng)