Eka, salah satu warga Ekang, memperlihatkan hasil rangkaian bunga manggar, kemarin. F. Slamet Nofasusanto/batampos.co.id

batampos.co.id – Kedatangan kapal pesiar Genting Dream Cruise di Perairan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, Kabupaten Bintan, Sabtu (7/7) nanti membawa berkah bagi warga Desa Ekang Anculai Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan. Ibu-ibu di sana menerima pesanan dari salah satu resort di Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi untuk membuat puluhan bunga manggar.

Hiasan bunga manggar dalam tradisi masyarakat Ekang Anculai biasanya digunakan untuk penyambutan tamu.”Ya buat arak-arakan penganten, sunatan. Pawai taaruf. Termasuk penyambutan tamu,” ujar salah seorang warga Desa Ekang Anculai Katmirah, Kamis (5/7).

Pihak Resort, katanya meminta bahan kertas untuk membuat bunga manggar yang anti air. Tidak mudah mencarinya. Ia sudah mencarinya mulai Tanjunguban sampai Tanjungpinang. “Toko-toko di Batu 9 tak menjualnya. Yang ada di Toko Iklhas di Tanjunguban. Itu pun tak banyak,” kata dia.

Bunga-bunga manggar ini dibuatnya bersama ibu-ibu di desa tersebut. Setelah itu, Bunga manggar tersebut akan dikirim ke pemesannya di salah satu resort di Kawasan Pariwisata Bintan Resort Lagoi.

“Nanti yang merakitnya mereka. Kami hanya membuatnya saja,” ucapnya. Ia bersyukur kedatangan turis di Lagoi ikut memberikan rezeki bagi masyarakat setempat.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, rapat finalisasi telah dilakukan. Hasilnya Pemkab bersama manajemen Genting Dream Cruise menyetujui kerja sama pelayaran kapal rute Singapura ke Pulau Bintan akan dikunjungi sebanyak 52 kali pelayaran atau lebih dari setahun Kapal yang membawa 4.000 sampai dengan 5.000 wisatawan mancanegara tersebut akan berlabuh di perairan Bintan setiap akhir pekan. (met)