Kamis, 28 Maret 2024

7 Atraksi dan Destinasi Aceh ini Masuk Nominasi API Award 2018

Berita Terkait

batampos.co.id – Aceh kembali mendapat perhatian publik lewat sejumlah destinasi dan atraksi yang ada, hal ini menjadi kesempatan untuk mengangkat pariwisata di Serambi Mekkah agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Ada tujuh atraksi dan destinasi di Aceh yang akhirnya menjadi nominasi dalam kompetisi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2018 yang dirilis bulan Juni lalu, ketujuh destinasi ini terbagi beberapa kabupaten seperti Aceh Besar, Aceh Tengah, Gayo Lues, Banda Aceh, dan Aceh Tenggara.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Amiruddin menyebutkan, masuknya 7 unggulan atraksi dan destinasi tersebut dalam kompetisi tingkat nasional tersebut menjadi momen yang pas untuk mempromosikan Aceh secara luas kepada publik dan masyarakat wisatawan baik dalam dan luar negeri.

“Tentunya kami sangat bersyukur, mengingat sejumlah objek dan tujuan wisata di provinsi Aceh semakin diminati oleh wisatawan. Kita sangat berharap masyarakat Aceh ikut mendukung dan mempromosikan tujuh nominasi ini, mengingat tahun 2017 hanya ada dua nominasi dari Aceh yakni kategori tempat berselancar terpopuler dan promosi pariwisata digital terpopuler,” jelasnya Amiruddin usai rapat mingguan di ruang rapat setempat, Senin (9/7/2018).

Tujuh nominasi API Award 2018, sebut Amiruddin pada tahun ini terbilang bervariasi, mulai dari kategori

  1. wisata halal terpopuler Masjid Raya Baiturrahman (11G),
  2. dataran tinggi terpopuler Aceh Tengah (6C),
  3. cindera mata terpopuler Kupiah Meukeutop (7A),
  4. tujuan wisata baru terpopuler Gampong Nusa (17B),
  5. atraksi wisata terpopuler tari Saman Gayo Lues (8I),
  6. wisata air terpopuler diving Pulau Weh (4C), dan
  7. ekowisata terpopuler TN Gunung Leuser (5J).

“Semua nominasi ini kita harap dapat mengambil juara, sehingga partisipasi masyarakat Aceh untuk API Award 2018 ini sangat diperlukan, baik lewat vote SMS dan juga vote melalui aplikasi Android,” jelasnya.

Adapun cara vote lewat SMS ini bisa dengan format, ketik API (spasi) kode nominasi, seperti API 11G kirim ke 99386 atau lewat aplikasi Android dengan cara mengunduh APIaward – Anugerah Pesona Indonesia Award di Play Store khususnya Android dan iOS.

API Award sendiri merupakan Ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI yang kegiatan dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada Obyek dan Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia.

Ajang apresiasi lewat pilihan masyarakat (people choice) ini secara langsung mengajak dan melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat daerah dari Kabupaten, Kota, hingga di Provinsi untuk bekerja bersama-sama memberikan apresiasi, serta menjadikan pariwisata daerahnya menjadi yang terbaik dan terpopuler dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara serta mancanegara. (*)

Update