Kamis, 28 Maret 2024

Bisakah Mata Minus Disembuhkan?! Temukan Jawabnya di Sini

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Mengapa orang tak bisa melihat jauh harus mengenakan kaca mata?

Mata minus atau miopia adalah kondisi saat mata tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Sekarang ini semakin banyak cara-cara yang dilakukan. Banyak penyembuhan yang berjanji bisa menyembuhkan mata minus hanya dalam waktu seminggu. Tapi, sebenarnya, apakah benar ada cara-cara yang bisa menyembuhkan mata minus dalam waktu singkat?

Dalam keterangan tertulis Hello Sehat, Senin (9/7), mata minus atau miopi terjadi ketika bayangan jatuh di depan retina. Miopi juga terjadi akibat kornea (lapisan terluar mata) yang terlalu melengkuk karena panjang bola mata atau lensanya terlalu tebal.

Maka, orang dengan miopia memiliki penglihatan jarak jauh yang buruk. Objek yang jauh akan terlihat buram sebab fokus mata tidak jatuh tepat pada retina.

Lalu apa miopi bisa disembuhkan?

Sejauh ini, penanganan mata minus yang paling umum dilakukan dengan menggunakan kacamata. Namun, penggunaan kacamata ini bukan bersifat menyembuhkan mata minus atau menghilangkan minus.

Kacamata digunakan untuk membantu mata memfokuskan kembali bayangan yang masuk agar bisa tepat jatuh ke dalam retina. Kacamata membuat mata seolah-olah bisa bekerja seperti mata normal. Ketika kacamata dilepas, minus mata pun akan tetap ada.

Ada berbagai iklan sekarang ini yang menjanjikan dengan minum ini atau makan itu, minus bisa sembuh hanya dalam seminggu. Ini tentu saja tidak logis. Mata minus terjadi karena kondisi kornea yang terlalu melengkung. Makan atau minum sesuatu jelas tidak bisa mengubah bentuk kornea jadi normal dalam sekejap.

Kalau melalui operasi, memang mungkin masuk akal. Sebab operasi mata mengubah langsung bagian mata yang membuat pantulan cahaya terfokus di retina.

Makanan yang kaya vitamin dan mineral pun tidak bisa mengobati minus dalam waktu cepat. Makanan dan minuman adalah zat yang mendukung kesehatan mata, bukan mengobati.

Maka, jika menemukan banyak informasi atau iklan yang belum pasti kebenarannya dan mengiming-imingi bisa mengobati mata minus, sebaiknya jangan mudah percaya. Berkonsultasi dengan ahli atau dokter mata yang tepat tentu direkomendasikan.

(ika/JPC)

Update