batampos.co.id – Aktivitas balapan liar yang dilakukan oleh sekelompok remaja di kawasan Batamcenter mendadak bubar. Petugas patroli dari Polsek Batamkota mengamankan puluhan remaja serta 19 sepeda motor yang kedapatan tengah asik balapan liar dan tidak sempat melarikan diri.

Kapolsek Batamkota Kompol Firdaus mengatakan, operasi pada Sabtu (7/7) malam hingga Minggu (8/7) dinihari ini berawal dari adanya laporan masyarakat maupun pengguna jalan yang merasa terganggu dengan aksi balapan liar. Selain itu, operasi itu dilaksanakan dalam menciptakan situasi kamtibmas di Kota Batam.

“Mereka berjumlah ratusan dan langsung kabur semua. Ada beberapa remaja dan 19 sepeda motor yang tidak sempat melarikan diri. Selanjutnya, kita bawa ke polsek untuk ditindak lebih lanjut,” ujarnya Minggu (8/7) siang.

Untuk memberikan efek jera kepada remaja tersebut, selanjutnya remaja yang sebagian besar masih berusia pelajar itu diminta untuk membuat perjanjian agar tidak mengulangi perbuatannya. Tidak hanya itu, polisi juga memanggil orang tua masing-masing dari remaja tersebut.

“Sementara untuk kendaraannya harus dilengkapi sesuai dengan aturan yang berlaku, baru boleh di ambil. Saat pengambilan sepeda motor, kita meminta orang tua mereka untuk menjemputnya dengan membawa surat-surat kendaraan,” katanya.

Kepada orang tua, Firdaus meminta untuk lebih mengawasi dan mewaspadai anak-anak mereka saat berada di luar rumah. Terutama pada saat malam libur yang berpontensi untuk melakukan aksi balapan liar dan dapat merugikan dirinya sendiri dan pengendara lainnya.

“Kegiatan ini akan terus kita laksanakan untuk mengantisipasi kejahatan jalanan. Kegiatan ini, kita lakukan tidak hanya pada malam libur saja, tapi akan kita laksanakan pada malam-malam yang tidak bisa ditentukan,” imbuh Firdaus. (gie)