Meifrizon. F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga (Dispora) Kepri, Meifrizon mengatakan tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri siap berkomptensi pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kepri 2018 yang akan digelar akhir bulan ini. Menurut Meifrizon, persiapan sudah di atas 85 persen.

“Persiapan untuk sarana dan prasarana pendukung sudah di atas 85 persen. Lingga sebagai tuan rumah sudah berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik,” ujar Meifrizon, Minggu (8/7) di Tanjungpinang.

Mantan Kepala Satpol PP Kepri tersebut menegaskan bahwa Pemprov Kepri mendukung penuh Kabupaten Lingga menjadi tuan rumah Popda 2018. Bahkan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana sebesar Rp 9,8 miliar sudah digunakan. Apalagi gubernur memberikan ruang bagi putra-putri Kepri untuk berkompetesi di berbagai bidang olahraga.

“Pak Gubernur sudah membuat keputusan, yakni mendukung penuh Kabupaten Lingga menjadi tuan rumah Popda 2018,” tegasnya.

Menurut Meifrizon, anggaran yang dipersiapkan tersebut berada di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri. Rencana anggaran tersebut adalah untuk pembangunan kolam renang dan stadion. Pembangunan akan dilakukan lewat Tahun Anggaran (TA) 2017 lalu. Bahkan di 2018 ini ada juga prasarana yang dibangun.

“Kita sudah menggelar rapat persiapan dengan Kabupaten Lingga. Untuk membahas sarana-sarana penunjang pada kegiatan itu nanti,” papar Meifrizon.

Kendala yang dihadapi Kabupaten Lingga untuk menjadi tuan rumah adalah lokasi penginapan bagi para atlet. Apalagi ada 10 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingan. Seperti sepak bola, voli, tenis meja, atletik, pencak silat, karate dan beberapa cabang lainnya.

“Tetapi sebagai bentuk keseriusan, mereka akan menyiapkan home stay bagi para atlet yang bertanding,” jelas Meifrizon.

Popda merupakan babak kualifikasi untuk menuju Pekan Olahraga Pelajar (Popwil) di Provinsi Aceh pada September 2018. Kemudian puncak kegiatannya adalah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di akhir tahun. “Kita akan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Karena kita sangat menginginkan pelajar-pelajar Kepri menjadi atlet yang berprestasi,” pungkasnya.(jpg)