batampos.co.id – Di hari pertama pendaftaran Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Kepri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri menerima empat nama. Waktu pendaftaran Calon Anggota DPD akan ditutup 11 Juli mendatang. ”Kami menerima empat nama,” ujar Devisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Provinsi, Arison, Senin (9/7) di Tanjungpinang.

Disebutkannya, keempat nama tersebut adalah Ria Saptarika, Surya Makmur Nasution, Haripinto Tanuwidjaya, dan Riki Solihin. Dijelaskan Arison, waktu pendaftaran calon anggota DPD adalah tiga hari kerja. Yakni mulai 9 Juli 2018 dan berakhir pada 11 Juli 2018.

Mantan Ketua KPU Bintan tersebut mengatakan, syarat untuk mendaftar calon anggota DPD adalah menyerahkan surat pernyataan pendaftaran calon anggota DPD Dapil Kepri dan berita acara hasil verifikasi syarat dukungan dari KPU Provinsi Kepri.

Kemudian syarat administrasi yang harus dilengkapi adalah fotokopi kartu tanda penduduk, surat keterangan dari pengadilan tidak pernah dipidana, surat keterangan kesehatan, terdaftar sebagai pemilih, dan bukti pelaporan harta kekayaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Belum semua calon yang mendaftar meleng-kapi syarat administrasi. Seperti belum adanya laporan harta kekayaan ke KPK,” papar Arison.

Lebih lanjut katanya, proses verifikasi administrasi akan dilakukan 11-18 Juli 2018. Berikutnya pada 19-20 Juli 2018, KPU akan melakukan konfirmasi ke masing-masing calon Anggota DPD. Apakah mereka sudah melengkapi syarat dan ketentuan atau masih ada yang harus diperbaiki. “Proses perbaikan berlangsung selama tiga hari. Yakni pada 21-24 Juli 2018 nanti,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu calon anggota DPD Dapil Kepri, Surya Makmur Nasution membenarkan dirinya sudah mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD ke KPU, kemarin. Diakuinya, masih ada syarat administrasi yang harus ia lengkapi.

“Yakni mengenai laporan harta kekayaan ke KPK. Laporan tersebut akan keluar dalam satu atau dua hari ini,” ujar politisi Partai Demokrat yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kepri tersebut.(jpg)