ilustrasi

batampos.co.id – Menyikapi beberapa musibah kecelakaan di laut yang kerap terjadi belakangan ini, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam membuka Hotline pengaduan kepada masyarakat pengguna laut, terhadap kejadian-kejadian darurat yang terjadi di perairan Batam dan sekitarnya.

Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan mengatakan, Hotline pelayanan pengaduan setiap kejadian di laut yakni 0812 7779 2277, yang berkedudukan di Ruang Kendali Lanal Batam dan dioperasikan oleh operator petugas Jaga Ruang Kendali, serta dapat menghubungi Pos TNI AL terdekat.

“Pos TNI AL itu diantaranya, Posal Telaga Punggur, Posal Sambu, Posal Tolop, Posal Nipa, Posal P Galang, Posal P Abang, Posal Sugi serta Posmat TNI AL Sei Jodoh, Sagulung, Tanjung Uncang, Tanjung Riau, Mangkada, Batu Ampar, Tanjung Kertang, Pos Nongsa serta Posmat TNI AL Ngenang,” sebut Iwan.

Ia menjelaskan, Lanal Batam akan membuka dan melayani pengaduan masyarakat selama 24 jam terhadap setiap adanya kejadian atau keadaan darurat di perairan Batam. “Seperti kecelakaan di laut, tindak kriminal di laut, pencemaran di laut dan kejadian lainnya,” ujarnya.

Dibukanya pelayanan ini oleh Lanal Batam, bertujuan sebagai antisipasi dan kepedulian terhadap adanya kejadian kriminal dan kejadian lain di laut. “Diharapkan masyarakat pengguna jasa angkutan laut akan merasa aman dan terbantu dengan adanya Hotline ini,” papar Iwan.

Disamping itu, lanjutnya, juga sebagai bentuk komunikasi sosial dengan masyarakat maritim dan aparat terkait mewujudkan partisipasi masyarakat dalam pengamanan sebagai bentuk ketahanan wilayah yang merupakan bagian dari pemberdayaan wilayah pertahanan laut. (nji)

Advertisement
loading...