batampos.co.id – Hingga Kamis (12/7) kemarin, belum ada satu pun ba­kal calon legislatif (bacaleg) yang menyerahkan berkas ke KPU Karimun. Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karimun Tiuridah Silitonga kembali mengimbau Parpol agar segera menyerahkan berkas bacaleg ke KPU Karimun.

Iklan

”Jangan waktu mepet baru serahkan berkas bacaleg. Nanti kalau ada apa-apa jangan salahkan pihak penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU,” kata Tiuridah, kemarin.

Sebab, kata Tiur, pihak Parpol tidak bisa menjamin berkas bacaleg yang diajukan su­dah memenuhi persyaratan. Ada kemungkinan berkas tidak leng­kap sehingga harus diper­baiki. Sementara batas waktu perbaikan berkas sangat singkat, karena jadwal penerimaan tinggal empat hari lagi.

Menurutnya, penyerahan berkas di hari-hari terakhir akan membuat komisioner KPU bekerja ekstra untuk memverifikasi berkas yang diserahkan. Tidak tertutup kemungkinan, ada human error saat melakukan verifikasi berkas bacaleg dari Parpol, bila secara serentak penyerahannya.

”Semuanya bisa terjadi dan di luar dugaan. Kalau ditotal bacaleg bisa mencapai 480 orang dari 16 Parpol yang lulus verifikasi,” tuturnya.

Pantauan di kantor KPU Karimun, lokasi penyerahan berkas bacaleg oleh Parpol terlihat sepi. Tetapi petugas KPU tetap menunggu sejak pagi hari hingga sore hari. ”Belum ada, mungkin besok Parpol menyerahkan berkas bacaleg,” kata salah seorang petugas KPU Karimun. (tri)