batampos.co.id – Sebanyak 1.300 atlet dari 50 negara akan bertarung di Ironman 70.3 Bintan pada 18-19 Agustus 2018 mendatang di Plaza Lagoi Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi, Kabupaten Bintan. ”Kami targetkan ribuan wisatawan yang hadir dalam kegiatan ini,” ujar Group General Manager (GGM) Abdul Wahab usai konferensi pers di Gedung Sapta Pesona  Kantor Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (RI) Jakarta, Rabu (11/7).

Dia menjelaskan bahwa ajang olahraga manusia super Ironman 70.3 Bintan ini tidak semata berbicara soal olahraga. Namun, atlet yang berlomba akan membawa keluarganya untuk berlibur.

Jika satu atlet membawa dua atau tiga anggota keluarganya, ia memastikan wisatawan yang berkunjung selama event berlangsung akan meningkat. Selain itu, Abdul Wahab juga menjelaskan Ironman 70.3 Bintan akan kembali dilaksanakan di Plaza Lagoi sebagai pusat pengembangan kawasan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi, Bintan Resorts.

Peserta Ironman 70.3 Bintan pada 2018 berjumlah 1.300 atau meningkat apabila dibandingkan tahun 2017 lalu yang hanya 1.200 atlet. Lomba akan dimulai berenang sejauh 1,9 kilometer dan disuguhi pemandangan dasar laut yang indah dan air yang tenang dan jernih. Selanjutnya peserta akan bersepeda sejauh 90 kilometer dan diakhiri lari sejauh 21 kilometer.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi menya-mpaikan suksesnya Bintan menjadi lokasi penyelenggara event sport tourism international tidak lepas dari dukungan Kementerian Pariwisata. Hal ini menjadikan Kabupaten Bintan sebagai pencetak wisman sekaligus memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.
Sementara Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mengatakan, penyelenggara Ironman 70.3 Bintan memiliki dua pengaruh baik bagi Kabupaten Bintan.

Pertama, peserta Ironman 70.3 Bintan dan pendukungnya akan membelanjakan dolarnya di Kabupaten Bintan. Kedua, pemberitaan yang luas akan membuat posisi Kabupaten Bintan makin kuat sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

Arief juga mengapresiasi kerja sama Pemkab Bintan, PT BRC sebagai pengelola kawasan Lagoi dan penyelenggara Ironman 70.3 Bintan Metasport yang setiap tahun jumlah peserta Ironman 70.3 Bintan terus meningkat. ”Tahun ini terbanyak peserta dari Singapura, Australia, Hongkong, Malaysia, Amerika dan negara lainnya,” tukas Arief.(met)

Respon Anda?

komentar