batampos.co.id – Sebanyak 37 orang narapidana (napi) Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjungpinang yang terletak di Jalan Batu 18, Kijang, Bintan, Kamis (12/7). Pemindahan tersebut dilakukan guna mengantisipasi kelebihan atau over kapasitas jumlah napi di Rutan.

Iklan

Napi yang dipindahkan itu, semuanya telah menjalani proses persidangan dan memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht). Mereka yang dipindahkan tersebut sebelumnya terjerat berbagai kasus pidana umum dan pidana khusus.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Tanjungpinang Fajar Teguh Wibowo mengatakan untuk menjaga keamanan dan mengantisipasi terjadinya hal-hal negatif. Selain itu, pemindahan tersebut merupakan program Cuti Bersyarat (CB) dan Pembebasan Bersyarat (PB).

Napi yang dimutasi tersebut adalah napi yang menerima hukuman paling rendah tiga tahun penjara dan paling tinggi 16 tahun. Dari 37 napi yang dipindahkan, kata Fajar, terdiri dari 25 napi narkotika, tiga napi korupsi, dan sembilan napi yang terjerat kasus pencurian, perlindungan anak dan napi KDRT.

”Kapasitas Rutan Tanjungpinang ini hanya untuk 350 napi, sedang jumlah total napi yang ada sekitar 408 orang,” jelasnya.

Lanjut Fajar, jumlah keseluruhan napi di dalam Rutan Tanjungpinang mencapai 408 napi dan menempati tiga blok tahanan, yakni blok Penye-ngat, blok Melati dan blok Bintan.
”Setelah pemindahan, saat ini Rutan ditempati 371 napi yang menghuni berbagai blok tahanan,” tutupnya.(odi)