Sejumlah kendaraan melintas di jalan pelita yang sedang dilakukan pelebaran. Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas Pemerintah Kota Batam. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kondisi Jalan Laksamana Bintan dari Simpang Frengky-Simpang Gelael-terowongan sei panas yang tidak rata akan ditinggikan. Pengerjaan ini akan dilakukan seiring pelebaran jalan tersebut yang dimulai tahun 2018 ini.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) Yumasnur mengatakan, kini pengerjaan tersebut sedang dilakukan seperti satu titik dari arah terowongan sei panas ke Simpang Gelael. Ia memastikan, pengerjaan tersebut tak sampai menutup ruas jalan atau sampai memutus akses lalu lintas di jalan tersebut.

“Yang ditinggikan luar aspalnya dulu, baru setelah jalan diluar aspal siap bisa digunakan, kita pindah ke dalam aspal. Kami terus upayakan masyarakat tak terganggu,” kata dia.

Ia mengaku pehgerjaan tersebut tak bisa sekaligus, sama dengan pengerjan pelebaran jalan akan dilakukan bertahap.

“Tak bisa selesai tahun ini saja,” kata dia.

Secara umum, pegerjaan jalan yang dibantu pendanaannya oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri ini sedang digenjot. Jika dari arah Seimpang Gelael sedang dibuka badan jalan dan dibangun tembok penahan tanah, dari Simpang Frengky ke Simpang Gelael sedang dimulai pengecoran.

“Tapi persentasenya saya tak hafal. Yang pasti tak selesai tahun ini, bertahap,” imbuhnya.

Tak hany peninggian badan jalan, beberapa titik median jalan ini, khusus dari Simpang Gelael ke terowongan sei panas akan digeser. Ia mengatakan, median digeser guna menyeimbangkan luasan jalan yang akan diperlebar masing-masing lima lajur setiap jalur tersebut.

“Sekarang ini (dilihat dari arah Simpang Gelael-terowongan sei panas) kan lebih ke kanan, makanya akan geser ke kiri,” terangnya. (iza)