batampos.co.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas terus mematangkan persiapan pelaksanaan Festival Padang Melang yang akan diselenggarakan pada 26 sampai 28 Juli mendatang. Saat ini panitia sudah menyiapkan fasilitas hotel untuk tamu VIP. Selain itu juga menyiapkan homestay bagi tamu non VIP. Menyiapkan homestay, panitia berkoordinasi dengan masyarakat Letung karena rumah mereka akan dijadikan homestay.

Iklan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur menjelaskan untuk transportasi darat pihaknya meminta bantuan ojek sebagai garda terdepan dalam melayani para pengunjung yang datang nanti.

“Hari ini tim dari kita sudah turun ke lapangan membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk acara FPM nanti. Hotel dan transportasi darat juga sudah dilakukan komunikasi,” kata Masykur, Jumat (13/7).

Menurutnya, target 5.000 pengunjung itu tidak serta merta wisatawan mancanegara atau wisatawan nasional saja tapi pengunjung lokal juga sudah termasuk di dalam target.
Saat ini dirinya belum bisa menyebutkan jumlah pengunjung yang hadir nanti. Selain pergelaran budaya, pihaknya juga ada paket khusus untuk wisatawan yang hobi diving dan pihaknya sudah mempersiapkan tiga hotspot diving yang bagus.

“Tentu kita ada siapkan paket khusus pencinta diving, titik selam juga sudah dipersiapkan, ada tiga titiklah nanti,” ucapnya.

Kata dia, ia sangat berharap kepada semua lapisan masyarakat Anambas agar dapat meramaikan acara FPM nanti, karena ini bagian dari ajang mendorong percepatan pembangunan pariwisata Anambas.

Untuk transportasi udara, pihaknya mengandalkan Susi Air dan feri yang saat ini terus melayani pelayaran di Anambas mulai dari Batam maupun Tanjungpinang. Untuk Susi Air ia meminta kepada pihak pengelola agar dapat menambah jadwal penerbangan ke Bandara Letung selama dan sebelum acara FPM berlangsung.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Robi Sanjaya mengatakan, saat ini tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas sudah ada yang mulai mengangkut tenda untuk pelaksanaan FPM. “Kita sudah bisa mulai siapkan sekarang karena waktunya tidak lama lagi. Persiapan harus dimatangkan,” jelasnya. (sya)