batampos.co.id – Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko menyatakan baru enam partai politik (parpol) yang sudah mengantarkan berkas bakal calon legislatif (bacaleg) untuk masing-masing daerah pemilihan (dapil). Sedangkan Selasa, hari ini (17/7) adalah hari terakhir bagi parpol untuk mengantarkan berkas bacaleg.

”Sudah dapat ditebak, di hari-hari terakhir baru parpol mengantarkan berkas bacaleg. Enam parpol dapat dinyatakan lengkap dalam menyerahkan berkas persyaratan bacaleg,” kata Eko, kemarin.

Enam parpol yang menye-rahkan berkas bacaleg kemarin adalah Nasdem, PAN, PKS, Golkar, Gerindra, dan Hanura. KPU Karimun menyiapkan tiga meja untuk parpol yang mengantarkan berkas bacaleg. Parpol pertama yang menye-rahkan berkas adalah Nasdem sekitar pukul 10.00 WIB. Tidak lama kemudian, pengurus PAN juga datang, beserta PKS.

”Pagi hari tiga parpol dan siangnya tiga parpol lagi. Masing-masing membawa pendukungnya. Bahkan membawa adat kesenian mulai dari barongsai sampai kompang,” jelasnya.

Siang hari Partai Golkar mengajukan berkas bacaleg berbarengan dengan Partai Gerindra, dan terakhir diisi oleh Partai Hanura. ”Kita langsung melakukan verifikasi berkas bacaleg ke masing-masing parpol. Apapun keputusannya, tidak dapat diganggu gugat lagi. Sudah final,” tegas Eko.

Jaringan internet sempat tersendat-sendat saat memasukkan data ke sistem pendaftaran di KPU. Tetapi setelah diulang beberapa kali, akhirnya berkas dapat didaftarkan dan sudah terverifikasi dalam sistem. Tinggal pengecekan data masing-masing bacaleg dari enam parpol.

”Untuk sementara baru 180 bacaleg yang kita lakukan pendataan persyaratan. Kalau kurang persyaratannya, lang-sung kita hubungi perwakilan parpol untuk melengkapi,” kata Eko.

Pantauan di lapangan, pengurus Partai Nasdem mengantarkan berkas dengan cara berkonvoi jalan kaki dari kantor DPD Nasdem Karimun bersama-sama dengan pendukung dan bacaleg.

”Dikarenakan banyak simpatisan, maka kita melakukan konvoi bersama saudara-saudara kita ke kantor KPU dengan jalan kaki,” ucap Ketua DPD Nasdem Karimun, Anwar Hasyim.
Partai PAN, PKS, dan Hanura juga membawa pendukung yang meramaikan kantor KPU kemarin. Sementara pengurus Partai Golkar membawa pendukung dengan diiringi kompang, sedangkan Partai Gerindra diiringi oleh atraksi barongsai.(tri)