Murid SDN 019 Perumahan Villa Mukakuning, Tembesi, Sagulung bersalaman dengan gurunya saat pertama masuk sekolah, Senin (16/7). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Hari pertama masuk sekolah di SD Negeri 019, Sagulung ramai, Senin (16/7). Halaman sekolah tersebut disesaki oleh para orang tua yang mengantar anak mereka ke sekolah.

Suminarti misalnya, rela menunggu berjam-jam di halaman sekolah hingga anaknya pulang dari sekolah. Apalagi hari itu merupakan pertama kali anaknya sekolah. “Sudah dari jam tujuh disini (sekolah, red), menunggu anak pulang. Dibiarkan di sekolah sendiri tak mungkin,” katanya.

Menurut dia, anaknya sangat antusias untuk bersekolah. Bahkan, sudah bangun disaat ia hendak menjalankan salat subuh. “Biasanya bangun jam enam atau jam tujuh. Ini jam lima sudah bangun dan minta cepat diantar kesekolah,” ujarnya.

Namun tak sedikit juga dari anak-anak yang menangis saat ditinggal ataupun telat dijemput orangtua ke sekolah.

Sementara salah satu guru SDN 019, Zohratul Afra mengatakan kegiatan dihari pertama sekolah lebih ke pengenalan lingkungan sekolah untuk murid baru. Dimana, setiap murid diminta untuk memperkenalkan diri kepada teman-temannya agar saling kenal. “Tadi perkenalan nama-nama guru juga,” kata Zohratul.

Pengenalan lingkungan kepada siswa baru lebih kepengenalan lokasi sekolah seperti musala, wc, kantin hingga perpustakaan. Menurut dia, proses belajar mengajar untuk siswa baru dimulai dari pukul 07.15 WIB hingga 9.30 WIB. Bahkan selama tiga hari kedepan, para orangtua diizinkan untuk mendampingi anak mereka ke sekolah.

“Tiga hari ini kami izinkan orang tua mendampingi anak dari luar ruang kelas, setelah itu mereka hanya diperbolehkan menunggu di luar pagar sekolah,” ungkapnya.

Hal yang sama juga terlihat di halaman SDN 006 Seibeduk. Ratusan orangtua murid juga memadati halaman sekolah. Mereka menunggu dengan sabar proses pengenalan sekolah dari sekolah untuk murid baru. (une)