Rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Lingga tiba di Asrama Haji Batam, Senin (16/7). Jamaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Batam akan diberangkatkan pada hari Rabu (18/7) mendatang. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Satu jemaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Batam meninggal dunia jelang keberangkatan, Rabu (18/7).

Ketua Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri, Subadi mengatakan JCH yang meninggal merupakan asal Tanjungpinang. Saat ini pihaknya sudah mengajukan pergantian ke pusat untuk memenuhi kuota kloter pertama yakni 455 orang.

“Iya ini lagi kami usahakan visa JCH pengganti. Mudah-mudahan besok sudah ada informasi penerbitan, jadi bisa berangkat,” ujarnya.

Lanjutnya, saat ini proses kedatangan JCH masih terus berlangsung. Hari ini direncanakan sebanyak 57 JCH asal Lingga, Natuna 87 tiba di asrama. Keesokan harinya, disusul JCH asal Tanjungpinang 216 dan terakhir Batam sebanyak 40 orang.

“Untuk Natuna dan Lingga masuk lebih awal agar bisa beristirahat karena jarak daerah mereka cukup jauh, sedangkan Batam dan Tanjungpinang dekat jadi besok (hari ini, red) masuknya,” jelasnya.

Selama dikarantina selama kurang lebih 24 jam, JCH akan mengikuti sejumlah kegiatan persiapan keberangkatan. Seperti pengecekan kesehatan, pembekalan atau manasik haji terakhir, dokumen hingga pemberian uang untuk biaya hidup selama berada di tanah suci.

Ia berharap semua jamaah bisa berangkat dan melaksanakan ibadah haji dengan lancar. Sebanyak 455 JCH akan bertolak menuju Madinah, Rabu (18/7) pukul 09.00 WIB dan tiba 13.30 waktu Arab Saudi.

“Semoga semua sehat dan tiba di tanah suci dengan selamat,” tutupnya.(yui)