Kamis, 28 Maret 2024

RKUA PPAS Anambas Rp 662,45 M

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelaksana Tugas (plt) Kepala Balitbangpeda Adies Saputra mengatakan pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum APBD (R-KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD tahun anggaran 2019 ke DPRD pada 28 Juni 2018 silam, melalui surat Bupati tertanggal 28 Juni 2018.

Namun DPRD belum mengundang Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk melakukan pembahasan. ā€œKita tahu mereka (DPRD, red) masih sibuk dengan sejumlah kegiatan seperti pembahasan Perda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2017, dan juga sejumlah agenda lain yang pasti sudah dijadwalkan DPRD,ā€ ungkapnya kepada wartawan, Senin (16/7).

Kendati demikian, pihaknya berharap pembahasan R KUA PPAS T.A 2019 dapat disegerakan mengingat jadwal yang ditetapkan sesuai Permendagri No. 38/ 2018, paling lambat minggu I Agustus 2018. Pasalnya, jika terlambat, maka akan ada konsekuensinya.

ā€œMudah-mudahan nanti tidak perlu menunggu paripurna lagi, karena memang tidak diharuskan demikian, biar langsung dibahas, jadi paripurnanya pas penandatanganan nota kesepakatan saja. Tapi itu semua tergantung DPRD,ā€ tambahnya.

Dari Rancangan KUA PPAS 2019, yang sudah disampaikan tersebut angkanya sebesar Rp 662,45 miliar. Namun angka tersebut diluar Dana Alokasi Khusus (DAK). Dirinya memperkirakan jumlah DAK tahun depan sekitar Rp 200 miliar. ā€œKami berharap paling tidak Rp 200 miliar, dari sekitar Rp1,5 triliun yang diajukan Pemda,ā€ jelasnya.

Dengan anggaran tersebut belum bisa sesuai harapan. Dana tersebut hanya bisa untuk kegiatan rutin OPD saja, dan sedikit sekali proyek strate-gis seperti lanjutan Masjid Agung, RSUD, dan Embung.

Daftar Kegiatan kategori yang dipertimbangkan di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019 sekitar Rp 800 miliar. Lanjutnya, setelah menyampaikan RKUAPPAS APBD tahun 2019, pihaknya akan segera menyampaikan RKUAPPAS perubahan APBD tahun 2018. ā€œSesuai aturan kita memang harus sampaikan RKUAPPAS murni tahun 2019 dulu baru perubahan APBD tahun ini,ā€ jelasnya. (sya)

Update