Sabtu, 20 April 2024

16 Parpol Daftarkan Diri ke KPU Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam resmi menutup pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg), Selasa (17/7). Sebanyak 16 partai politik (parpol) mengajukan jumlah bacaleg yang akan berkompetisi di Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April 2019 mendatang.

Ketua KPU Batam, Syahrul Huda mengatakan selama 14 hari dibuka, masing-masing parpol baru ramai mendaftarkan bacalegnya dua hari sebelum pendaftaran resmi ditutup.

Seperti yang terlihat di hari terakhir pendaftaran. Sepuluh parpol mendatangi KPU untuk mendaftar dan memperbaiki berkas bacaleg mereka.

Sebanyak 13 parpol mendaftarkan jumlah maksimal untuk masing-masing bacaleg mereka. Sedangkan tiga parpol yakni PKPI dan PSI, Garuda tidak sampai 100 persen.

“Alhamdulillah, semua proses berjalan dengan baik. Meskipun mereka daftar sudah di detik-detik terakhir,” kata dia.

Syahrul menyebutkan partai Hanura menjadi peserta pemilu yang terakhir menyerahkan berkas bacaleg mereka.

Ia menjelaskan sebelum mendaftar ke KPU, parpol harus terlebih dahulu mengunggah berkas bacaleg mereka melalui sistem informasi pencalonan.(silon). Selanjutnya proses verifikasi akan dilakukan berdasarkan data tersebut.

Syahrul menyebutkan dari 16 parpol yang mendaftar, ada beberapa parpol yang berkasnya terpaksa dikembalikan karena tidak lengkap seperti PBB.

“Dua kali kami kembalikan karena setelah dicek berkas masih ada yang kurang,” ujarnya.

Partai PKPI yang mendatangi KPU pukul 17.00 WIB menarik kembali berkasnya untuk dilengkapi. Mereka hanya mengajukan enam bacaleg untuk di dapil V saja, sedangkan yang lain tidak ada bacalegnya.

“Setelah perbaikan jadi empat dapil yang mereka daftarkan,” sebut.

Sementara itu, Partai PSI hanya mengajukan 38 bacaleg untuk enam dapil di Pileg mendatang. Partai nomor urut 11 ini mendaftarkan partai mereka tepat pukul 23. 00 WIB sesuai dengan nomor urut partai.

Selanjutnya berkas yang diterima akan diverifikasi hingga besok. Berkas yang kurang akan dikembalikan untuk segera dilengkapi. Selanjutnya hasil verifikasi akan disampaikan 19-21 Juli mendatang.

Sebanyak 16 parpol yang siap berkompetisi yakni PAN, Nasdem, PDIP, Golkar, PKS, PPP, PBB, PSI, Berkarya, Demokrat, Perindo, PKPI, Gerindra, Hanura, PKB dan Garuda.

foto: cecep / batampos

Sementara itu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Aldi mengatakan selama proses pendaftaran berlangsung pihaknya menemukan beberapa berkas milik bacaleg yang tidak lengkap.

“Ada pas photo yang hingga surat keterangan telah mengikuti seleksi bacaleg yang tidak dilampirkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk saat ini baru itu yang ditemukan dari syarat pencalonan bacaleg. Sementara untuk pemalsuan ijazah belum ada dijumpai.

Kurangnya berkas pengajuan ini, menurutnya kelalaian dari parpol yang kurang teliti sebelum mengajukan bacaleg mereka. “Sebab itu, ada beberapa kali partai yang harus bolak-balik melengkapi agar pendaftaran bisa diterima dan dinyatakan lengkap oleh KPU,” ungkap Aldi.

Pantauan di lapangan puluhan anggota kepolisian turut mengamankan pendaftaran bacaleg di hari terakhir. Pendaftaran bacaleg ini diramaikan kehadiran simpatisan yang turut mengantarkan berkas ke Kantor KPU.(yui)

Update