Petugas Imigrasi saat memeriksa paspor para Jamaah Calon Haji (JCH) asal Tanjungpinang yang baru tiba di Asrama Haji Batam, Selasa (17/7). F cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 450 Calon jamaah haji kloter (kelompok terbang) I Embarkasi Batam diberangkatkan dari Bandara Hang Nadim, Batam, Rabu (18/7). Mereka diterbangkan ke tanah suci dengan pesawat Saudi Arabian Airlines SP5321 tepat pukul 09.00 WIB. Jumlah jemaah tersebut termasuk lima orang petugas penyelenggaran ibadah haji.

“Pelepasan dilakukan di Asrama Haji Batam yang sesuai rencananya akan dilepas Gubernur Kepri, Nurdin Basirun,” kata Sekretaris IV Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Syahbudi, Rabu (17/7).

Diakuinya, 450 jamaah haji ini terdiri dari 43 orang dari Anambas, 57 asal Lingga, 87 dari Natuna, 40 jamaah Batam dan 216 jamaah asal Tanjungpinang. Syahbudi menambahkan, sebelum pelepasan, para calon jemaah menjalani tahapan pemeriksaan biometrik. Tahapan tersebut biasanya dilakukan setelah jemaah mendarat di Tanah Suci, namun mulai tahun ini dilakukan di Tanah Air.

“Berbeda dari tahun lalu, pemeriksaan biometrik dilakukan di embarkasi. Harapannya bisa mengurai antrean panjang ketika di Madinah maupun di Jeddah,” tuturnya.

Selain biometri, petugas juga memeriksa urin dan kesehatan jamaah haji. Diketahui, calon jamaah haji Lingga atas nama Ngatiman menderita diabetes sehingga harus dirujuk ke Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) Batam.

“Satu jamaah sakit diabtes dan sekarang sudah dirujuk. Mudah-mudahan segera sehat dan besok bisa berangkat,” sebut Syabudi.

“Kalau kondisi belum memungkinkan kita tunda di kloter selanjutnya. Karena untuk Embarkasi Batam ada 27 kloter terdiri dari dua gelombang keberangkatan,” papar dia lagi.

Panitia haji tahun ini panitia menerapkan sistem one room service. Diawali dengan penerimaan kedatangan calon jamaah haji, pembagian kamar, pemeriksaan kesehatan, pembagian gelang jamaah serta pembagian uang saku. Uang saku yang diberikan sebanyak 1.500 Riyal, yang terdiri dari 2 lembar pecahan 500 Riyal dan 5 lembar pecahan 100 Riyal.

“Kalau tahun lalu 1.500 Riyal terdiri dari tiga lembar 500 Riyal. Kita gunakan pecahan 100 Riyal agar jamaah tidak kesulitan menukar uang di tanah suci,” paparnya. Sesuai rencananya jamaah haji kloter I ini akan menempuh perjalan sembilan jam dan akan tiba Bandara Pangeran Ahmad Abdul Aziz, Madinah pada pukul 15.30 Waktu Arab Saudi. (rng)