batampos.co.id – Puskesmas Meral Barat yang terletak di Kecamatan Meral Barat akhirnya beroperasi. Puskesmas tersebut sudah dapat melayani pemeriksaan kesehatan masyarakat.

Pelayanan administrasi sudah berjalan sejak 16 Maret lalu dengan menyediakan tenaga medis 20 orang. Satu dokter umum dan dokter gigi, dua perawat, dan 11 bidan disiagakan. Juga ada sarjana kesehatan masyarakat dan analis kesehatan.

”Puskesmas Meral Barat sudah beroperasi hampir dua bulan, setelah ada bantuan genset dari PT Soma Daya Utama (SDU) untuk mengoperasikan peralatan medis selama jam pelayanan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi, Selasa (17/7).

Karena keterbatasan daya listrik, jam operasional puskesmas tersebut dibatasi. Pelayanan dimulai pada pukul 07.30 WIB pagi setiap hari dan berakhir pada pukul 14.00 WIB. Sedang-kan hari Jumat hanya sampai 10.00 WIB dan Sabtu pukul 11.00 WIB.

”Kita memberikan pelayanan medis poli umum, poli gigi, dan KIA/KB. Pasien per hari belum begitu ramai, tapi tetap ada yang melakukan pemeriksaan medis,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Meral Barat Bambang Eka Jaya Karo Karo ketika dikonfirmasi mengatakan, pela-yanan medis dibuka sejak 28 Mei lalu. Pelayanan medis sejauh ini menurutnya tidak ada masalah. 20 tenaga medis yang bertugas dapat memberikan pelayanan medis kepada masyarakat yang membutuhkan.

”Kebanyakan pasien berobat ke poli umum. Paling rata-rata satu hari ada sekitar 10 orang yang berobat. Maklum, Puskesmas Meral Barat baru berdiri,” ucapnya. (tri)