Khasya bersama Ade petugas CCTV Dinas Kominfo Batam saat memantau situasi sebagian wilayah Batam yang sudah terpasang CCTV di kantor Kominfo Batam.. F.Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Anggota Komisi I DPRD Kota Batam mendukung rencana Pemerintah Kota (Pemko) Batam memperbanyak closed-circuit camera (CCTV) di Kota Batam. Pemasangan CCTV yang direncanakan di 20 titik baru ini bakal melengkapi 36 CCTV yang ada sebelumnya.

“Sebagai kota yang mengusung konsep smart city, penambahan CCTV perlu dilakukan. karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah perkotaan seperti kejahatan, kemacetan, dan keamanan warga,” ujar anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Sukaryo, Rabu (18/7).

Konsep kota cerdas ini mengetengahkan sebuah tatanan kota yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Beberapa kota besar yang sudah menerapkan konsep ini antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang.

“Kita punya perda dan perencanaan tentang CCTV. Sebagai kota smartcity, keamanan menjadi hal utama,” beber Sukaryo.

Diakuinya, sudah seharusnya jumlah CCTV yang ada saat ini ditambah sampai pada angka ideal sebagaimana di perencanaan. “Perda CCTV juga telah memberikan dorongan agar instansi, kantor-kantor, perbankan, dan lainnya dilenglapi kamera pengawas,” tutur dia.

Sebelumnya, Kepala Kominfo Kota Batam Salim mengatakan, pemko berencana menambah fasilitas CCTv di 20 titik baru di tahun 2019. CCTV ini akan diusulkan ke DPRD Batam. “Sudah diusulkan dan masuk e-musrenbang. Tinggal nanti pembahasan di DPRD,” katanya.

Menurutnya, 20 titik CCTv ini nantinya akan difokuskan di lokasi-lokasi keramaian, persimpangan jalan serta daerah rawan tindak kejahatan. Pemantauan CCTv ini nantinya dikendalikan tenaga operasional dibidang informasi teknologi.

“Fokus kita masih di mainland dan pusat kota,” terang Salim.

Untuk anggaran sendiri, ia mengaku belum bisa berbicara banyak, mengingat masih ada pembahasan di internal baik itu untuk pengadaaan, biaya pemeliharaan, serta sewa link CCTv. “Angka pastinya nanti kita sampaikan,” jelas dia. (rng)