batampos.co.id – Seluruh partai politik (parpol) peserta pemilu menyerahkan daftar bakal calon legislatif (bacaleg) mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang di detik-detik terakhir pendaftaran, Selasa (17/7) malam. PKPI adalah partai paling terakhir mendaftarkan bacalegnya, yakni pukul 23.25 WIB.

Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution menuturkan, seluruh partai politik akhirnya telah menyerahkan daftar bacalegnya. Namun, Aswin menyebutkan, tak seluruh partai memenuhi kuota 30 kursi. ”Ada lima parpol yang tidak penuh dalam menyerahkan daftar nama bacalegnya,” tutur Aswin, Rabu (18/7).

Kelima partai tersebut antara lain, Perindo hanya 23 bacaleg. Dikarenakan dapil dua hanya terisi lima. Kemudian PKB, kurang satu anggota. Selanjutnya PAN yang pada dapil 3 hanya terisi lima. Juga PBB yang hanya terisi lima anggota di dapil satu, sembilan anggota di dapil dua, dan enam anggota di dapil enam.

”Juga PKPI, dapil satu dan duanya masing-masing hanya tiga anggota. Sementara dapil tiganya kosong,” terang Aswin.

Sementara itu, KPU Tanjungpinang melanjutkan tahapan selanjutnya yakni verifikasi keabsahan administrasi pada Rabu (18/7). Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian hasil verifikasi pencalonan pencalegan pada hari ini (19/7).

”Di tanggal 22 sampai dengan 31 Juli, merupakan masa bagi mereka untuk memperbaiki kekurangan dari berkas pendaftaran yang telah diserahkan,” kata Aswin.

Sementara itu, keputusan pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah bulat. Pada hajatan pemilu legislatif 2019 di Tanjungpinang, mereka merombak jagoannya.

Suparno, misalnya. Politikus yang sudah tiga kali terpilih sebagai anggota legislatif dengan dua di antaranya sebagai Ketua DPRD, kini tak dicalon-kan lagi di Tanjungpinang.
Melainkan, pindah sebagai bakal caleg Provinsi Kepri dengan daerah pemilihan Bintan-Lingga.

Lalu, untuk menambah impresi baru, PDIP Tanjungpinang mendaftarkan Yuniarni Pustoko Weni, istri mantan Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah yang sebelumnya menjabat sebagai anggota legislatif DPRD Kepri. Ia kini didaftarkan sebagai bacaleg DPRD Tanjungpinang dapil Tanjungpinang Timur.

”Ini memang permintaan kami agar Bu Weni maju di Pileg Tanjungpinang,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Tanjungpinang, Syahrial, kemarin.

Syahrial sendiri yang notabene anggota legislatif Tanjungpinang, tidak lagi mendaftarkan dirinya. ”Saya akan maju ke DPD. Ini demi memperjuangkan daerah kita, semoga ada jalan,” kata Syahrial.(aya)