Sejumlah warga saat memilih telur yang dijual di Pasar Mega Legenda Batamcenter, Kamis (19/7). Harga telur di pasar tersebut berkisar 45 per papan. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Batam akan mendirikan tiga kios murah untuk membantu masyarakat mendapatkan komoditas pangan dengan harga distributor.

Kepala DKPP Batam, Mardanis mengatakan tiga lokasi kios murah tersebut yakni Tibanlama, Nongsa dan Dapur 12 Kecamatan Sagulung. Ketiga kios ini akan dikelola koperasi milik petani.

“Ini solusi lain yang tengah kami bahas bersama instansi terkait,” kata dia, Kamis (19/7).

Ia menyebutkan saat ini ada 12 distributor telur yang akan kami temui dan menyampaikan gagasan ini. Pemko Batam berharap mereka mau membantu terwujudnya gagasan ini.

“Kami berharap mereka mau mendukung program kios murah ini,” ujarnya.

Menurutnya jika tidak segera ditemukan solusinya, kenaikan harga telur dan ayam ini bisa menjadi penyumbang inflasi bulan ini.

“Maka dari itu kami bersama TPID dan Disperindag akan menemui distrobutor dalam waktu dekat ini,” lanjutnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan saat ini Pemko Batam tengah mengupayakan solusi untuk menetralisir harga telur dan ayam yang meroket.

“Kami akan mencoba mendorong koperasi turut serta membantu untuk menekan harga ini agar tidak terjadi inflasi,” sebutnya.

Mengenai peran Badan Usaha Umum Daerah (BUMD) yang diharapkan memenuhi kebutuhan komoditas warga Batam, Amsakar pesimis akan hal ini. Sebab menurutnya dibutuhkan keseriusan dan dana yang tidak sedikit agar poyek ini berjalan baik.

“Kami masih mencari opsi yang lain,” tutup pria yang pernah mengepalai Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam ini.(yui)